Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak

7-Penyebab-Radang-Tenggorokan-Sering-Kambuh-Pada-Anak

Radang tenggorokan dapat mempengaruhi semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Siapapun bisa mengalami radang tenggorokan baik anak-anak, orang dewasa, atau orang lanjut usia. Namun anak-anak berusia antara 5 sampai 15 tahun cenderung paling sering terkena sakit tenggorokan.

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, biasanya Anda akan mengalami rasa tidak nyaman dalam tenggorokan. Gejala lain yang muncul diantaranya adalah :

  1. Sakit tenggorokan
  2. Demam
  3. Sakit kepala
  4. Nyeri sendi dan nyeri otot
  5. Ruam kulit
  6. Membengkaknya kelenjar getah bening di leher

Jika Anda merasa bahwa gejala radang tenggorokan yang Anda rasakan telah mengganggu aktivitas harian Anda, segera konsultasikanlah keluhan Anda kepada dokter untuk mendapatkan obat radang tenggorokan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda. Karena jika dibiarkan dapat memicu komplikasi THT seperti sinusitis.

Adapun penyebab radang tenggorokan yang terjadi pada anak biasanya sama halnya seperti yang terjadi pada orang dewasa. Berikut beberapa penyebab utama terjadinya radang tenggorokan yaitu :

  • Bakteri

Bakteri bisa datang dari mana saja termasuk dari makanan yang kurang bersih. Biasanya radang tenggorokan yang disebabkan bakteri gejalanya lebih parah daripada yang disebabkan oleh virus, sehingga proses penyembuhannya memakan waktu lama.

  • Virus

Virus berasal dari lingkungan maupun udara yang kurang bersih. Ketika anak Anda berdekatan dengan orang yang mengalami flu atau batuk bisa membuatnya terkena radang tenggorokan akibat virus yang menyebar.

Sebisa mungkin hindarilah kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami radang tenggorokan untuk menghindari penularan bakteri dan virus. Anda juga disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur sebelum dan sesudah makan.

Jangan lupa jaga kesehatan tubuh dengan istirahat yang cukup, olahraga yang teratur dan makan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Jika Anda sembarang mengonsumsi makanan maka resiko terkena penyakit radang tenggorokan akan semakin besar.

Perlu Anda ketahui pasalnya ada beberapa makanan penyebab radang tenggorokan yang disinyalir berpengaruh besar dan memicu kondisi radang tenggorokan semakin parah seperti makanan pedas dan makanan tidak higienis.

Anda juga disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih. Mendapatkan asupan cairan yang cukup akan dapat membuat dahak menjadi lebih encer, dapat melembabkan saluran tenggorokan dan sekaligus mencegar terjadinya dehidrasi.

Akan lebih baik lagi jika air yang diminum merupakan air putih hangat, air yang hangat akan memberikan rasa yang nyaman di tenggorokan, sehingga tenggorokan yang mengalami radang akan terasa lebih baik daripada sebelum diberi air hangat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *