Penyebab Benjolan Di Jari Tangan

penyebab-benjolan-di-jari-tangan

Penyebab Benjolan Di Jari Tangan – Benjolan di jari tangan cukup umum terjadi dan dapat disebabkan banyak hal, umumnya bersifat ringan dan tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun Anda tidak boleh menyepelekannya begitu saja. Sebaiknya ketahui penyebab apa yang mendasarinya.

Lalu apa penyebab benjolan di jari tangan?

1. Lipoma

Lipoma merupakan benjolan lemak yang tumbuh secara lambat di antara jaringan kulit dan lapisan otot. Salah satu ciri khas benjolan ini adalah lunak yang bisa bergerak / bergeser bila kita tekan, serta biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit bila di tekan (jika ukuranya masih tergolong kecil).

Namun jika ukurannya sudah tergolong cukup besar biasanya menimbulkan rasa sakit. Lipoma ini sendiri biasanya berukuran 1-3 cm bahkan sampai 5cm.

2. Gout (asam urat)

Terjadi ketika tertimbunnya kristal asam urat di dalam sendi akibat karena tingginya kadar asam urat dalam darah. Pada kondisi akut biasanya akan menimbulkan pembengkakan kemerahan yang disertai nyeri pada sendi yang tak tertahankan dan terkadang terasa panas di persendian.

3. Rhumathoid arthritis

Penyakit ini sendiri merupakan penyakit autoimun (sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang sel tubuh sendiri). Benjolan yang di sebabakn oleh penyakit yang satu ini biasa di tandai dengan peradangan kronis pada area sendi-sendi kecil seperti sendi jari tangan & kaki, dll.

4. Kista Ganglion

Merupakan tumor jaringan lunak berupa kista (kantong berisikan cairan) yang bersifat jinak. Biasanya kista yang satu ini berukuran 1-2 cm. Menurut hasil riset yang di lakukan, 60-70 % kista ganglion muncul pada area sekitar pergelangan tangan, dan sisanya tersebar pada sekitar sendi-sendi di bagian tubuh lainnya.

5. Kontraktur Dupuytren

Kontraktur Dupuytren adalah salah satu kemungkinan penyebab benjolan di tangan. Kondisi ini ditandai dengan pengerasan dan penebalan jaringan elastis bernama fascia yang terletak di antara telapak dan jari tangan. Gejala yang paling terlihat adalah jari-jari tangan menjadi melengkung ke depan. Benjolan sering dirasakan di telapak tangan awalnya bisa teraba lunak dan nyeri dengan jari kelingking dan telunjuk adalah jari yang sering terkena.

6. Kutil

Benjolan di tangan berukuran kecil bisa jadi adalah kutil yang umumnya disebabkan virus human papilloma (HPV). Kutil biasanya berbentuk bulat atau lonjong, ukuran sangat beragam (bisa berdiameter kurang dari 1 mm atau bahkan lebih dari 1 cm), teraba keras dengan permukaan tidak rata seperti kembang kol, dan bisa hanya satu atau beberapa benjolan. Meski tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, kutil dapat bertahan hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Itulah beberapa penyebab benjolan di jari tangan yang mungkin terjadi. Seseorang yang sering menggunakan persendian bagian tangan dalam beraktivitas secara terus menerus pun dapat mudah terjadi benjolan pada tangannya.

Untuk menentukan apakah benjolan pada tangan berbahaya atau tidak, dokter akan melakukan penelusuran riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti foto Roentgen tangan, CT scan, MRI, pemeriksaan darah seperti pemeriksaan fungsi hati, kadar kalsium, dan alkali fosfatase.

Pemeriksaan biopsi juga penting untuk melihat perubahan bentuk jaringan dan sel pada benjolan guna menentukan apakah benjolan berasal dari sel yang ganas atau jinak.

Biasanya dokter akan melakukan cara menyembuhkan benjolan di jari tangan dengan berdasarkan penyebabnya. Maka dari itu pentingnya bagi Anda untuk mengetahui penyebab benjolan di jari tangan agar dapat ditangani secara tepat dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *