Penyebab Asma Kambuh

Seperti yang telah diketahui, asma merupakan salah satu penyakit kambuhan. Siapapun penderita asma dapat mengalami gejala asma dimana saja dan dapat terjadi secara tiba-tiba atau mendadak.

Mayoritas, penderita asma akan mulai merasa asmanya kambuh pada malam hari disaat bersantai bahkan menjelang waktu istirahat.

Waspadai, Asma Yang Sering Kambuh Pada Malam Hari!

Penyakit asma bisa kambuh kapan saja dengan menunjukkan tanda secara tiba-tiba atau perlahan-lahan. Supaya asma tidak kambuh, ada baiknya pengidap menjauhi beberapa hal yang bisa menjadi pemicu asma kambuh, diantaranya :

  • Posisi Tidur

Posisi tidur merupakan salah satu sebab asma sering kambuh setiap hari, contohnya tidur terlentang . Tidur terlentang mengakibatkan kenaikan asam lambung menuju esofagus.

Hal ini akan mengakibatkan dinding esophagus akan mengalami kerusakan dan akan terasa nyeri di dada, sendawa, dan asam lambung. Kenaikan asam lambung ini akan menyebabkan iritasi dan batuk yang pada akhirnya akan memicu gejala asma.

Untuk menghindari resiko tersebut sebaiknya Anda mengetahui posisi tidur orang asma untuk meminimalisir resiko gejala asma yang sering kambuh.

  • Faktor Emosi dan Stress

Disaat penderita mengingat sesuatu yang membuat tingkat emosi dan stress meningkat, disitulah kemungkinan asma pada penderitanya akan kambuh. Maka dari itu ketika menjelang tidur, cobalah untuk tenang dan tidak memikirkan banyak hal.

  • Alergi

Selain dapat menyebabkan sinusitis kambuh, berbagai macam alergen seperti debu, bulu binatang, asap rokok, wangi parfum yang menyengat, dan alergen lainnya juga merupakan penyebab asma kambuh setiap hari yang sering terjadi.

  • Ritme Sirkardian

Merupakan sebuah irama atau ritme dari fungsi tubuh manusia yang biasanya akan terus berulang dalam 24 jam. Pada tubuh manusia terdapat hormon melatonin yang perubahannya berperan menjadi penyebab asma kambuh pada malam hari. Dan hormon melatonin ini juga berkaitan erat dengan ritme sirkardian dari seseorang.

Jika ritme sirkardian seseorang berubah, maka hormon melatonin ini ikut berubah, hal itulah yang menjadi penyebab asma kambuh pada malam hari.

  • Flu, Batuk dan Gangguan Pernafasan Lainnya

Dengan perubahan suhu lingkungan menjadi semakin dingin, flu dan batuk akan muncul dan mempengaruhi gangguan pernafasan lainnya seperti asma untuk ikut muncul.

  • Faktor Makanan

Makanan seperti junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, coklat, dan kacang yang mengandung alergen, atau minuman dingin termasuk dalam makanan penyebab asma kambuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *