Manfaat Kunyit Untuk Lambung

Wajib-Tahu!-10-Manfaat-Kunyit-Untuk-Lambung-&-Kesehatan

Sejak dulu kunyit dikenal memilili banyak manfaat dan sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Selain itu kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna alami makanan. Kandungan senyawa yang ada dalam kunyit dipercaya juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh terutama bagian organ lambung.

Kunyit mengandung beberapa nutrisi seperti natrium deklofenak, piroksikam, fenil butason, antioksidan, serat, karbohidrat, vitamin A, B1, B2, B12, C dan E, lesitin, amprotab, dan nepagin.

Curcumin dalam kunyit diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan efek anti kanker sehingga sangat membantu dalam meringankan gejala asam lambung naik dan mungkin mencegah GERD.

Manfaat kunyi lainnya yaitu untuk mengatasi berbagai macam yang terjadi pada sistem pencernaan. Senyawa kurkumin pada kunyit berguna untuk membantu pelepasan empedu. Perlu Anda ketahui bahwa empedu memiliki peranan yang cukup signifikan dalam proses penyerapan vitamin yang larut dalam lemak dan penyerapan lemak. Jika proses tersebut berjalan lancar maka Anda akan terhindar dari masalah pencernaan yang bermasalah.

Selain itu, kunyit juga bisa mengatasi masalah sembelit yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena gerakan usus yang melambat sehingga mengakibatkan bab yang keras. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut Anda bisa mengonsumsi air kunyit secara rutin. Kunyit dapat bekerja dalam mengoptimalkan kinerja dan gerak peristaltik usus.

Lalu bagaimana cara mengolah kunyit untuk mengatasi dan menjaga kesehatan lambung ?

Anda bisa mengolahnya menjadi ramuan. Berikut cara yang bisa dilakukan :

  1. Siapkan beberapa rimpang kunyit (sekitar 2-3 rimpang)
  2. Cuci hingga bersih lalu kupas kulitnya
  3. Parut kunyit tersebut
  4. Lalu tambahkan sedikit air hangat pada parutan tersebut
  5. Kemudian peras air parutan kunyit tersebut
  6. Minum air perasan kunyit tersebut 2 kali sehari

Konsumsi kunyit yang tidak benar dan berlebihan harus Anda perhatikan. Data klinis menunjukan bahwa asupan yang berlebihan dan tidak pantas, kunyit dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti reaksi inflamasi ringan sampai aritmia jantung yang fatal.

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya :

Itulah beberapa informasi manfaat kunyit untuk lambung dan kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *