Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet

Manfaat-Kacang-Hijau-Untuk-Diet-Dan-Pelangsing-Tubuh

Kacang hijau merupakan tumbuhan yang termasuk dalam suku polong-polongan yang memiliki segudang manfaat sebagai sumber bahan berprotein tinggi dan juga untuk membantu program diet dengan menurunkan berat badan.

Cara diet cepat bukan dengan olahraga berlebihan ataupun tidak mengonsumsi makanan apapun yang dilakukan hanya sehari atau dua hari saja. Jika seperti itu yang ada Anda hanya akan menyiksa tubuh Anda sendiri. Akan memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu untuk anda bisa melihat hasil berat badan tubuh Anda berkurang.

Kacang hijau merupakan salah satu alternatif makanan sehat untuk diet yang aman untuk anda konsumsi selama menjalani program diet. Mungkin Anda sudah mengetahuinya, bahwa kacang hijau ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kecantikan, dan juga kesehatan rambut. Namun tidak sampai disana, karena kacang hijau juga bermanfaat bagi Anda yang memang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Berikut beberapa manfaat kacang hijau untuk membantu program diet, diantaranya yaitu :

1. Membantu menurunkan berat badan

Serat tinggi yang terkandung dalam kacang hijau akan membantu orang menahan lapar karena serat tinggi mampu untuk membuat orang kenyang lebih lama. Hal ini tentu akan menekan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga diet bisa berjalan dengan lancar.

2. Menjaga metabolisme energ dan membantu pembentukan sel tubuh

Kacang hijau akan membantu pembentukan energi dalam tubuh yang dibutuhkan dalam proses olahraga dan diet. Selain itu kacang hijau juga membantu tubuh untuk membentuk sel-sel tubuh. Hal ini tentu akan menguntungkan orang yang melakukan diet karena pada saat olahraga otot akan lebih mudah terbentuk melalui bantuan kacang hijau.

3. Membantu menyerap nutrisi

Kacang hijau memiliki enzim-enzim yang membantu penyerapan nutrisi pada tubuh sehingga orang yang sedang diet akan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup walaupun asupan makanan berkurang.

4. Melancarkan pencernaan

Serat kacang hijau yang tinggi akan membantu organ pencernaan untuk mencerna makanan dengan lebih baik. Sehingga proses pembuangan sisa makanan akan lancar dan tidak menumpuk di dalam tubuh. Tentu ini akan membantu program diet dalam mencapai bobot tubuh yang ideal.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau untuk membantu program diet Anda. Selain itu kacang hijau juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan, yaitu :

  • Menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung bengkak
  • Membantu penyembuhan penyakit anemia
  • Meningkatkan sistem pertumbuhan
  • Mencegah kerusakan gigi dan sakit gigi
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mencegah radikal bebas
  • Mengurangi kadar kolesterol jahat
  • Melindungi kesehatan mata

Cara Merebus Kacang Hijau Untuk Diet

Rendam kacang hijau semalam sebelum dimasak agar lebih lunak. Kemudian rebus kacang hijau dengan api kecil hingga mendidih kemudian angkat. Sebaiknya jangan dicampurkan dengan santan, kemudian diamkan beberapa menit hingga dingin dan rebus kembali dengan api kecil.

Anda bisa mengonsumsi kacang hijau dan meminum air rebusannya untuk mendapatkan semua nutrisi secara maksimal. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *