Manfaat Dan Efek Samping Jeruk Nipis

Manfaat-Dan-Efek-Samping-Jeruk-Nipis-Pada-Wajah-&-Kesehatan

Jeruk nipis merupakan salah satu penambah rasa asam dalam masakan. Mengetahui manfaat dari jeruk nipis di dunia memasak belum seberapa. Faktanya jeruk nipis memiliki banyak manfaat lain di luar bidang memasak. Manfaat jeruk nipis terbanyak khususnya ditemukan dalam dunia kesehatan dan kecantikan.

Jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan secara umum :

1. Menyembuhkan penyakit maag

Anda bisa mengambil manfaat jeruk nipis untuk maag dengan menggunakan air perasan yang telah dicampurkan dengan air putih. Konsumsilah secara rutin sebelum makan dan pastikan setelahnya Anda mengonsumsi makanan.

2. Meningkatkan kemampuan penglihatan

Vitamin C yang kaya akan antioksidan dalam jeruk nipis mampu melindungi mata dari segala bentuk ancaman kerusakan mata. Sedangkan flavonoid sangat bermanfaat untuk menjaga mata dari ancaman luar seperti iritasi dan infeksi. Sehingga dengan mengonsumsi jeruk nipis secara rutin, kemampuan dan kondisi mata pun akan sangat terjaga kualitasnya.

3. Menyimbangkan pH dalam tubuh

pH merupakan tingkat keasaman dalam tabuh manusia. Kondisi tubuh yang sehat merupakan yang bersifat basa bukan asam. Sayangnya, mayoritas makanan yang dikonsumsi oleh manusia cenderung memicu rasa asam bukan basa. Oleh karena itulah, jeruk nipis yang mengandung asam sitrat tinggi baik dikonsumsi untuk menyeimbangkan pH tubuh manusia.

4. Mengobati asam urat

Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang mampu melarutkan asam urat. Konsumsi jeruk nipis untuk menyembuhkan asam urat , dilakukan dengan meminum air perasan jeruk nipis dua kali dalam sehari. Biasakan untuk mengonsumsinya di pagi hari dan sore hari.

5. Meningkatkan kesehatan ginjal

Selain air putih, air perasan jeruk nipis sangatlah bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Kandungan asam sitrat merupakan kandungan pada jeruk nipis yang mencegah pengikatan mineral yang memperberat kerja ginjal. Oleh karena itu, bagi Anda para penderita ginjal bengkak konsumsilah jeruk nipis secara rutin.

6. Mengatasi demam

Jika seseorang menderita demam, air jeruk nipis dapat menjadi obat alternatif. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam jeruk nipis secara alami dapat menurunkan suhu tubuh.

7. Menyembuhkan amandel

Untuk menyembuhkan amandel caranya potonglah beberapa jeruk nipis dan kuliti. Jika sudah, maka rebuslah dalam air hingga mendidih. Saringlah seluruh bagian jeruk nipis dan air. Lakukan kumur-kumur dengan air tersebut secara rutin. Anda bisa merasakan kondisi amandel yang lebih baik dari sebelumnya.

8. Mengencerkan dahak

Cara mengencerkan dahak agar mudah keluar adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Dengan menggunakan air perasan jeruk nipis yang ditambahkan dengan garam dan madu serta dikonsumsi secara rutin, anda akan mendapati kondisi tenggorokkan yang jauh lebih baik.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

  • Menghilangkan noda hitam
  • Mengatasi jerawat dan bekasnya
  • Mengencangan dan mencerahkan kulit wajah
  • Membersihkan komedo
  • Mengatasi pori-pori membesar
  • Menjaga kelembaban alami kulit

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya pilih buah yang berwarna kuning cerah dengan aroma segar. Hindari buahnya yang berwarna hijau gelap karena belum matang dan tidak akan memiliki banyak air. Selain itu, hindari buahnya dengan bintik-bintik gelap dipermukaannya.Anda bisa menyimpnnya dalam kantong plastik di lemari es.

Efek Samping Jeruk Nipis

Beberapa orang sensitif terhadap jeruk nipis jika diterapkan langsung pada kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Selain itu, jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memperburuk kondisi asam lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *