Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat-Alpukat-Untuk-Wajah-Rambut-Kesehatan-Dan-Ibu-Hamil

Alpukat termasuk jenis buah yang banyak digemari karena perpaduan rasa dan nutrisinya baik untuk kesehatan tubuh kita. Alpukat juga merupakan jenis buah yang dapat diolah menjadi banyak jenis sajian makanan.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika makan alpukat itu buruk karena banyak mengandung lemak, namun sebenarnya kenyataanya tidak demikian. Bahkan dengan makan alpukat justru dapat membantu kita agar merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk membantu mengontrol kelebihan berat badan atau obesitas.

Satu buah alpukat mengandung 22.5 gram lemak yang sebagian merupakan monounsaturated fat yang baik bagi tubuh serta sangat rendah fruktosa. Selain itu alpukat juga mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh seperti fiber, potassium, vitamin E, Vitamin B-Complex, folic acid, dan berbagai zat lainnya yang tidak kalah pentingnya bagi tubuh.

Kelebihan lainnya adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan serat. Walaupun buah ini tinggi lemak, namun tetap aman bila dikonsumsi secara tidak berlebihan karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal.

Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan pengobatan diantaranya :

  • Mencegah penyakit kanker, jantung dan stroke

Menurut beberapa penelitian buah alpukat dapat mencegah kanker payudara, menghambat pertumbuhan tumor pada kanker prostat serta menghancurkan sel prakanker dalam tubuh. Alpukat juga mengandung 23% folate, vitamin E yang sangat baik bagi kesehatan jantung , menyembuhkan jantung bengkak dan mencegah stroke.

  • Mencegah osteoporosis

Manfaat alpukat yang juga banyak tak diketahui orang adalah untuk pencegahan osteoporosis atau pengapuran tulang . Alpukat memiliki vitamin K, yang tak kalah pentingnya dari vitamin D dan kalsium dalam hal kesehatan tulang. Vitamin K akan meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga kesehatan tulang bisa terjaga dengan maksimal.

  • Mencegah Penuaan Dini

Alpukat kaya akan antioksidan yang diantaranya adalah gluthatione dan carotenoids (alpha-carotene, beta carotene, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein). Zat tersebut memiliki berbagai manfaat, antara lain adalah untuk memperlambat proses penuaan atau biasa disebut sebagai anti-aging.

Selain itu, Monounsaturated Fatty Acids pada alpukat memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan pada lapisan epidermal kulit, sehingga membantu kulit tetap halus dan cukup lembab. Kandungan Omega-9 yang juga merupakan oleic acid bertanggungjawab pada regenerasi sel kulit yang rusak dan mengurangi kulit merah serta iritasi.

  • Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sebesar 11% dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 22%. Selain itu, alpukat juga dapat membantumu menurunkan dan menyembuhkan trigliserida tinggi dalam tubuh hingga 20%.

  • Baik untuk perkembangan janin

Alpukat adalah sumber alami asam folat. Asam folat adalah nutrisi yang penting dikonsumsi untuk ibu hamil agar calon buah hati tetap sehat terhindar dari cacat otak dan kerusakan sumsum tulang belakang.

  • Baik untuk kesehatan rambut

Penggunaan alpukat untuk rambut dapat digunakan sebagai creambath. Manfaat creambath sendiri dapat membantu untuk menghitamkan rambut, membuat rambut sehat berkilau.

  • Mengurangi stres

Folat juga dianggap mampu mengurangi risiko terkena depresi. Kandungan ini mampu mencegah kelebihan homosistein di dalam tubuh. Dampak yang lain, mampu mencegah terblokirnya darah dan nutrisi yang menuju otak.

  • Melindungi kesehatan mata

Mengonsumsi alpukat membantu tubuh kamu untuk dapat menyerap carotenoids (lycopene dan beta carotene) hingga lima kali lipat lebih baik. Zat ini dapat melindungi mata dari katarak, dan juga macular degeneration yang dapat menyebabkan kebutaan pada usia lanjut.

  • Mengobati radang sendi dan encok

Alpukat memiliki zat anti-inflamasi yang merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan berbagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan seperti radang sendi dan encok.

Manfaat Alpukat Untuk Membantu Program Diet

Alpukat sangat cepat mengenyangkan yang berarti membuat tubuh anda lebih kenyang hingga dalam konsumsi makanan utama lebih sedikit. Berikut tips mengonsumsi alpukat untuk diet:

  1. Konsumsi alpukat sebelum makan
  2. Lakukan secara rutin, pagi, siang, malam, sebelum makan
  3. Jangan campurkan dengan gula berlebihan
  4. Jangan jampurkan dengan susu
  5. Dimakan langsung

Meskipun manfaatnya sangat banyak, bukan berarti Anda boleh mengonsumsi alpukat secara berlebihan. Upayakan untuk mengonsumsinya dengan dosis cukup dan lakukan secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *