Makanan Penyebab Sembelit

Makanan-Penyebab-Sembelit-Pada-Bayi-Anak-Dan-Orang-Dewasa

Sembelit merupakan kondisi frekuensi buang air besar mengalami gangguan seperti waktu lama, kesulitan dan disertai rasa sakit saat mengelurakan tinja. Sembelit bukanlah hal sepele yang bisa diabaikan, pasalnya ada beberapa masalah kesehatan yang menjadi pemicu sembelit dan dapat berdampak fatal pada tubuh.

Kekurangan cairan tubuh, stress, aktifitas yang cukup padat, pengaruh hormon serta gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat merupakan beberapa penyebab sembelit. Namun yang paling menjadi penyebab utamanya adalah makanan.

Beberapa makanan menyebabkan sembelit karena mereka memiliki kandungan yang bisa mempengaruhi kerja organ pencernaan Anda. Meskipun tak sepenuhnya harus Anda hindari, ada beberapa makanan yang memang harus Anda batasi konsumsinya.

Berikut beberapa makanan penyebab sembelit diantaranya :

1. Makanan Penyebab Sembelit Pada Bayi Dan Balita

  • Pisang dan Saus Apel

Meskipun memiliki rasa yang enak, akan tetapi pisang dan saus apel dapat menyebabkan sembelit pada bayi.

  • Sereal Beras

Sereal beras adalah makanan padat pertama bayi yang diperkenalkan oleh orang tua. Namun sayangnya, makanan ini dapat memicu terjadinya sembelit pada bayi.

  • Makanan Cepat Saji

Beberapa jenis makanan cepat saji yang dimaksud di antaranya yaitu burger, kentang goreng dan chicken nugget. Makanan olahan tersebut mengandung tinggi lemak dan dapat memicu terjadinya sembelit.

  • Makanan Serat Gula

Makanan serat gula yang dimaksud di antaranya yaitu kue, soda, es krim, dan permen. Apabila anak Anda mengalami sembelit, sebaiknya Anda menghindari keju untuk sementara waktu.

  • Susu Formula

Bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif biasanya jarang mengalami sembelit, karena protein dan lemak pada susu seimbang, sehingga tinja yang dihasilkan selalu lembut. Jika bayi baru mengkonsumsi susu formula, namun kemudian ia mengalami sembelit, itu mungkin saja ada sesuatu di dalam susu formula.

  • Makanan Yang Berminyak

Minyak dan lemak akan menyebabkan penghambatan pencernaan bayi dalam menghancukan makanan. Ini akan membuat bayi terkena sembelit dan perut terasa penuh dan kembung.

2. Makanan Penyebab Sembelit

  • Produk Olahan Susu

Produksi olahan susu sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi es krim yang berlebihan dan setiap hari dapat memperlambat proses pembuangan kotoran ke saluran anus, karena kandungan gula yang tinggi serta kandungan serat yang rendah pada es krim cenderung mempercepat pengerasan feses yang hendak dikeluarkan.

  • Daging Merah

Mengkonsumsi daging merah berlebihan seperti daging sapi, daging kambing, daging kerbau atau tanpa di imbangi dengan asupan nutrisi dari berbagai macam sayuran hijau dan buah buahan dapat mengakibatkan saluran pencernaan tidak normal. Organ pencernaan akan tersendat sendat ketika mencerna, akibatnya dapat menimbulkan kesulitan untuk buang air besar secara nyaman dan normal.

  • Buah Mengandung Gas dan Alkohol

Buah buahan memang menyehatkan tubuh tapi tidak semua buah dapat dikonsumsi secara berlebihan, misalnya durian dan klengkeng yang memiliki banyak gas tidak boleh terlalu banyak dimakan apalagi pada penderita hipertensi dan stroke.

  • Soda atau Softdrink

Soda bersifat panas, bergas dan dapat mengikat cairan dalam tubuh menjadikan tubuh rentan mengalami dehidrasi. Apapun bentuk soda mampu mengganggu fungsi pencernaan, mengiritasi lambung dan mengakibatkan tinja mengalami pengerasan ketika buang air besar.

  • Minuman Berkafein

Mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh, memang menyehatkan tubuh tetapi tidak untuk dikonsumsi secara berlebihan. Jika minum minuman yang berkafein dikonsumsi lebih dari 2 cangkir sehari dan tidak di imbangi dengan pasokan air putih yang memadai maka akan menyebabkan tubuh terserang dehidrasi yang akhirnya menimbulkan sembelit.

Beberapa makanan diatas pun tidak boleh dimakan saat Anda mengalami sembelit, karena dapat memperburuk kondisi sembelit yang terjadi.

Untuk melancarkan metabolisme pencernaan ketika Anda mengalami sembelit, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan pencegah sembelit seperti pepaya, bayam hijau, brokoli, ubi-ubian, kentang, dan mengonsumsi cukup air putih. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *