Jus Sehat Untuk Jantung Koroner

Beberapa buah ataupun sayuran memang bisa dijadikan sebagai solusi alternatif penunjang bagi proses penyembuhan suatu penyakit dan Anda bisa menyajikannya dalam bentuk jus. Nah, bagi Anda penderita jantung koroner, berikut informasi jus sehat untuk jantung koroner yang bisa Anda buat dirumah dengan mudah. Simak dibawah ini!

Penyakit jantung koroner merupakan jenis penyakit jantung yang paling berbahaya karena dapat menyerang semua usia dan sering menyebabkan kematian mendadak. Awal mula terjadinya serangan jantung dimulai dari penyempitan dan penyumbatan di pembuluh arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan lemak kolesterol dan trigliserida, kemudian jantung lemah dalam memompa darah sehingga aliran darah ke otot jantung berkurang.

Sebuah fakta menunjukan bahwa 20% kematian di seluruh dunia diakibatkan oleh penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner. Tentu hal ini sangat berbahaya jika Anda membiarkannya begitu saja. Biasanya tanda-tanda orang menderita penyakit jantung koroner ini ditandai dengan nyeri pada dada, insomnia, sesak napas, detak jantung yang tidak berarturan, batuk yang disertai dahak bercampur darah, nafsu makan berkurang.

Salah satu cara menyembuhkan jantung koroner yaitu dengan mengonsumsi jus sehat yang terbuat dari buah-buahan ataupun sayuran. Cara ini juga dianjurkan bagi Anda yang ingin mencegah penyakit jantung/menjaga kesehehatan jantung dan pembuluh darah.

Jus Sehat Untuk Jantung Koroner Yang Baik Untuk Dikonsumsi

jus-sehat-untuk-jantung-koroner

1. Jus Buah Delima

Penelitian menunjukan bahwa buah delima mampu mencegah munculnya plak pada otot arteri, menurunkan kadar kolesterol, hingga menjaga aliran darah ke jantung tetap lancar. Buah delima kaya akan polifenol yang sangat bermanfaat untuk jantung.

Cara pengolahan :

  • Kupas delima dan buang bijinya
  • Blender hingga halus
  • Tambahkan madu sesuai selera
  • Konsumsi rutin 2 kali sehari

2. Jus Wortel dan Tomat

Wortel mengandung vitamin A, B6, tembaga, asam folat, tiamin, dan magnesium. Seseorang yang mengonsumsi wortel memiliki resiko rendah hngga 32% dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi wortel. Sedangkan manfaat tomat sendiri yaitu mampu membantu meringankan gejala jantung koroner yang ada karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Cara pengolahan :

  • Potong kecil-kecil wortel dan tomat
  • Masukan dalam satu wadah dengan tambahan 4 sendok makan susu kental manis
  • Blender hingga halus
  • Tambahkan satu sendok teh madu
  • Lalu konsumsi rutin

3. Jus Mangga dan Apel

Dengan kandungan antioksidan tinggi pada buah mangga dan apel ini, dipercaya dapat membantu penyembuhan penyakit jantung koroner. Bahkan sebuah penelitian menunjukan bahwa jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengoksidasi kolesterol dalam tubuh atau memecahkannya meningkat hingga 20% setelah melakukan 6 minggu mengonsumsi diet apel.

Cara pengolahannya :

  • Potong kecil-kecil mangga dan apel agar mudah diblender
  • Campurkan dengan gula dan air putih
  • Haluskan menggunakan blender

4. Jus Buah Naga dan Nanas

Buah naga dan nanas ini sama-sama mempunyai kandungan dan khasiat luar biasa untuk membantu proses penyembuhan jantung koroner menjaga kesehatan jantung.

Cara pengolahannya :

  • Potong kecil-kecil buah nanas dan buah naga
  • Tambahkan air, gula atau madu sesuai selera
  • Blender hingga halus dan siap dinikmati

5. Jus Buah Kiwi

Buah kiwi dikenal mampu melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh serta menurunkan kadar lemak yang berpotensi mengeras dalam pembuluh darah dan menimbulkan penyakit jantung. Kandungan vitamin C tinggi dalam buah ini juga sangat baik bagi kesehatan. Cara pengolahannya sendiri hampir sama dengan jus sebelumnya. Konsumsi 2-3 buah kiwi setiap hari secara rutin.

6. Jus Anggur Merah

Anggur merah diketahui dapat menstabilkan tekanan darah serta memperbaiki kinerja jantung, menurunkan potensi stroke, dan menghancurkan berbagai radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh. Kandungan flavonoidnya berfungsi sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas. Cara pengolahannya sendiri hampir sama dengan jus sebelumnya.

7. Jus Buah Cranberry

Cranberry dikenal mampu memecah lemak yang ada pada dinding arteri dan mencegahnya mengeras. Cara kerjanya adalah dengan memberikan tenaga pada sel untuk menyerap lemak tersebut. Konsumsi jus cranberry disarankan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

8. Jus Sayur Bayam

Kandungan kalium dan asam folik dalam bayam diketahui merupakan zat yang berfungsi dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Kandungan lain seperti lutein dan karotenoid yang ada dalam bayam berperan dalam mencegah serangan jantung karena mengatasi kolesterol berlebih dalam tubuh. Tidak hanya dalam bentuk jus Anda juga bisa mengolahnya menjadi sayur bayam.

Itulah beberapa jus buah yang bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Ternyata masih banyak cara alternatif alami yang bisa kita lakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan masalah pada tubuh. Alangkah baiknya Anda rutin mengonsumsi jus sehat untuk jantung koroner tersebut di pagi dan malam hari.

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit berbahaya ini sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini. Pencegahan bisa dilakukan dengan memperbaiki pola makan dan pola hidup. Olahraga harus ditingkatkan dan menjadi kebiasaan Anda. Jika tidak bisa menjadwalkan waktu olahraga, setidaknya lakukanlah aktivitas fisik yang berarti selama 30 menit sebelum memulai aktivitas harian. Pengaturan pola makan juga harus seimbang jangan hanya memuaskan nafsu belaka dengan mengonsumsi makanan cepat saji yang tinggi lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *