Gejala Radang Panggul

gejala-radang-panggul

Radang panggul merupakan salah satu penyakit yang umum menyerang wanita. Gejala radang panggul yang biasanya terjadi bisa bervariasi dan tidak sama antara perempuan satu dengan yang lainnya. Untuk itulah Anda sebaiknya waspada jika mengalami beberapa gejala yang akan dibahas dalam artikel ini.

Radang panggul umumnya menyerang bagian organ rahim dan bagian-bagiannya seperti indung telur (ovarium), saluran telur (tuba falopi), leher rahim (serviks) dan juga organ lainnya di sekitar rahim. Wanita yang terserang biasanya pada usia reproduktif yaitu 17-40 tahun.

Infeksi menular seksual merupakan penyebab utamanya. Maka penyakit ini biasanya menyerang perempuan yang mempunyai kehidupan seksual yang aktif. Penyakit ini terjadi akibat infeksi pada rahim dan bagian-bagiannya oleh bakteri atau virus. Dua bakteri yang sering menyerang yaitu gonore dan klamidia. Bakteri tersebut dapat menyebar dari vagina hingga ke organ reproduksi bagian atas. Selain itu, beberapa bakteri yang biasanya hidup di vagian juga dapat mengakibatkan radang panggul.

Adapun beberapa faktor resiko yang dapat mengakibatkan seseorang terkena radang panggul adalah peristiwa persalinan, aborsi, sering berganti pasangan seksual, melakukan hubungan seksual tanpa pengaman, memiliki sejarah radang panggul, memiliki riwayat organ intim yaitu infeksi menular seksual, memiliki riwayat infeksi saluran kemih serta memakai alat kontrasepsi KB didalam rahimnya.

Gejala Radang Panggul

1. Nyeri pada bagian panggul

Saat panggul mulai terasa sakit mungkin Anda akan mengabaikannya jika hal tersebut hanya sementara dan beberapa hari saja. Namun jika terus berkelanjutan Anda harus curiga dan segeralah konsultasikan ke dokter.
Nyeri perut bagian bawah

Bentuk rasa sakitnya seperti perut ditekan-tekan benda tumpul atau mirip nyeri haid. Dalam kasus radang panggul kronis rasa sakitnya bisa sangat hebat sehingga membuat penderitanya tak sanggup berdiri. Kalau sampai ini terjadi, maka jangan tunda lagi untuk pergi ke UGD.

2. Demam tinggi

Demam tak hanya terjadi bagi yang sedang mengalami penyakit flu, batuk, maupun panas dalam atau masuk angin. Ada banyak penyakit yang dapat ditandai dengan adanya kondisi semacam dengan demam ini, bisa jadi radang panggul adalah masalahnya.

3. Sakit saat buang air kecil

Ada banyak kondisi penyakit yang ditandai dengan rasa sakit muncul ketika melakukan buang air kecil. Kebiasaan menahan buang air kecil terlalu sering juga dapat menjadi pemicu utama rasa nyeri tersebut. Jika rasa sakit tersebut selalu muncul, sebaiknya Anda perlu memastikan dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah ada kaitannya dengan radang panggul.

4. Perubahan warna saat keputihan

Saat seorang wanita mengalami keputihan yang tidak biasa, ini pun harus dicurigai, apalagi bila terjadi perubahan warna. Kalau keputihan biasanya keluar lendir berwarna putih, pada penderita gejala radang panggul akan keluar lendir yang warnanya kuning atau hijau. Keputihan yang warnanya sudah berubah kemungkinan besar adalah tanda infeksi mulai menyerang organ reproduksi.

5. Pendarahan haid abnormal/lama

Pendarahan haid yang lebih banyak dari biasanya atau munculnya bercak darah saat tidak sedang datang bulan juga bisa menandakan gangguan radang panggul. Jika normalnya datang bulan yang dialami wanita adalah sekitar 1 minggu, namun haid sebagai gejala radang panggul bisa terjadi sangat lama.

Nah, jika Anda memiliki gejala radang panggul diatas, segeralah lakukan pemeriksaan dengan cepat ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan mulai dari gejala dan tanda yang timbul lalu dikombinasikan dengan hasil yang didapatkan setelah melakukan pemeriksaan fisik. Jika gejala dan pemeriksaan fisik memang sudah mengarah ke penyakit radang panggul, dokter dapat melakukan pemeriksaan penunjang lainnya.

Menderita radang panggul bukanlah merupakan hal yang memalukan. Sebaliknya, perlu bagi Anda untuk mengetahui cara menyembuhkan radang panggul hingga tuntas, terutama bagi kaum hawa yang masih berada di rentang usia produktif. Jika tidak maka komplikasi akan mengintai Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *