Bakteri Dan Virus Penyebab Meningitis

Meningitis adalah peradangan pada selaput otak yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Bakteri dan virus penyebab meningitis ini sangatlah mudah menular, penularannya pun terjadi begitu cepat. Maka tak jarang biasanya kondisi yang dibiarkan akan menyebabkan komplikasi penyakit lain yang lebih berbahaya.

bakteri-dan-virus-penyebab-meningitis

Beberapa langkah cara menyembuhkan meningitis dapat Anda lakukan sedini mungkin. Sebaiknya kenali gejala yang ada, dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tanda dan gejala penyakit meningitis yang umum dikalangan pasien adalah leher kaku dan terasa sakit, terutama ketika Anda mencoba menempatkan dagu pada bagian dada. Sedangkan gejala lain yang mungkin muncul yaitu demam, kejang, muntah, kepala yang terasa nyeri hingga hilangnya kesadaran.

Bakteri Dan Virus Penyebab Meningitis

  • Jenis Bakteri Penyebab Meningitis

1. Neisseria Meningitidis (Meningococcus)

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri ini terjadi akibat adanya infeksi yang menyerang saluran pernafasan di bagian atas yang selanjutnya bakteri masuk ke dalam peredaran darah dan berjalan menuju otak, sehingga menjadi penyebab timbulnya meningitis. Infeksi akibat serangan bakteri ini sangat berisiko karena dapat menyebabkan kematian hanya dalam jangka waktu 24-48 jam.

2. Streptococcus Pneumoniae (Pneumococcus)

Berbeda dengan jenis bakteri yang pertama. Pada jenis bakteri ini tidak menyerang orang dewasa. Malahan lebih sering menyerang penyakit meningitis pada anak-anak, terutama pada bayi.

3. Listeria Monocytogenes (Listeria)

Meskipun bukan bakteri yang berbahaya, namun bakteri ini juga berpotensi menyebabkan penyakit meningitis. Bakteri jenis ini umumnya banyak dijumpai di berbagai tempat, bahkan pada makanan ataupun berasal dari hewan peliharaan.

4. Escherichia Coli

Bakteri ini biasanya berada didalam usus manusia. Fungsinya memang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu memabantu dalam hal pembusukan makanan. Namun ternyata bakteri ini juga memiliki kecenderungan bisa berpotensi menyebabkan terkena penyakit salah satunya meningitis.

5. Hemophilus Influenzae

Bakteri Haemophilus influenzae type b adalah jenis bakteri yang menyebabkan infeksi pernafasan bagian atas dan telinga bagian dalam serta sinusitis. Infeksi yang ditimbulkan dari bakteri jenis ini bisa diatasi dengan pemberian vaksin (Hib vaccine).

6. Bakteri lain

Bakteri lain yang juga dapat menyebabkan meningitis adalah Staphylococcus aureus dan Mycobacterium tuberculosis, yang merupakan salah satu bakteri penyebab TBC.

  • Jenis Virus Penyebab Meningitis

1. Virus Campak

Mereka yang teserang campak biasanya akan sangat lama untuk sembuh. Penyakit ini juga bisa menjadi penggangu untuk perkembangan anak. Namun tidak hanya itu saja, ternyata jika virus campak semakin berkembang dalam tubuh maka akan mengakibatkan hal yang cukup serius. Penderita bisa saja terserang penyakit lain, salah satunya adalah meningitis.

2. Virus Herpes Simplex

Virus ini sebenarnya adalah virus yang menyerang alat kelamin, namun ternyata memiliki resiko untuk bisa menyebabkan meningitis. Bayi bisa terinfeksi karena penularan sang ibu yang terserang harpes.

3. Virus Enteroviruses

Biasanya penderita yang terkena infeksi dari virus ini bisa menyebabkan sakit pada bagian perut, lambat laun bisa saja menyerang pada bagian otak dan masuk dan menyerang meninges, dan akhirnya bisa menyebabkan meningitis.

4. Virus Influenza

Meskipun tergolong sebagai penyakit yang ringan dan tidak terlalu berat, influenza kerap di abaikan oleh para penderitanya. Mereka menganggap enteng masalah virus ini. Dalam perkembangan virus ni ternyata bisa menyebabkan penderitanya mengalami masalah yang cukup besar. Sebab jika virus berkembang menjadi aktif lagi maka bisa menginfeksi bagian lain seperti otak.

5. Virus Cacar Air

Tidak hanya pada kulit saja, ternyata jenis virus cacar air bisa berkembang sampai ke otak dan mengakibatkan meningitis. Bahayanya adalah ketika ibu mengalami cacar air, bisa saja bayinya tertular virus dari sang ibu, sehingga bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan atau bayi akan tertular virus ini.

Itulah beberapa bakteri dan virus yang disinyalir menjadi penyebabnya. Perlu Anda ketahui penularan virus ini begitu cepat, maka dari itu ada baiknya Anda melakukan pencegahan guna terhindar dari penyakit ini. Beberapa cara pencegahan untuk menghindari meningitis yang bisa Anda lakukan diantaranya:

  • Menjaga kondisi lingkungan. Transmisi meningitis bisa dicegah jika Anda bisa menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan tempat Anda sering melakukan aktifitas.
  • Saat Anda sedang bersama orang yang terjangkit virus penyebab meningitisi, ada baiknya Anda mengkonsumsi antobiotik agar bisa mencegah penularan virus tersebut. Kalau Anda mengetahui ada orang yang terinfeksi, sebaiknya Anda juga menghindarinya untuk beberapa waktu sampai orang yang terinfeksi dinyatakan sembuh. Ini adalah hal yang terbaik agar penularan tidak menyebar kesetiap orang.
  • Menghindari berbagi peralatan dengan orang lain, seperti sedotan, gelas, piring, handuk. Anda sebaiknya berhenti untuk melakukan berbagi peralatan bersama orang sekitar. Jika Anda tinggal di asrama, sediakanlah barang khusus untuk Anda sendiri dan jangan ada yang menggunakannya.
  • Biasakan untuk menutup mulut dan hidung saat akan bersin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *