Bahaya Makanan Pedas

Bagi penggemarnya, makanan pedas memang menjadi sebuah keharusan dalam setiap menu makanannya. Namun apakah Anda tahu, ternyata mengonsumsi makanan pedas dapat berbahaya bagi kesehatan lho!

bahaya-makanan-pedas

 

Rasa pedas terutama dalam cabai memang memiliki manfaat bagi tubuh kita, seperti memperlancar sistem pencernaan, menyehatkan jantung, serta mengandung sumber vitamin A, B, C dan E. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan justru malah berdampak buruk terutama untuk lambung.

Berikut beberapa bahaya makanan pedas, jika dikonsumsi secara berlebihan diantaranya :

1. Menyebabkan Penyakit Maag Akut

Makanan pedas bisa menyebabkan lambung Anda mengalami iritasi atau peradangan. Anda bisa merasakan beberapa gejala seperti sakit perut, diare berkepanjangan, dan sakit kepala.

2. Refluks Asam Lambung

Jika Anda memiliki penyakit asam lambung, makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung, sehingga menyebabkan tenggorokan terasa panas. Jika asam lambung meningkat, maka dinding lambungmu pun bisa teriritasi dan rusak.

3. Perut Mulas

Beberapa orang akan merasakan mulas setelah makan makanan pedas. Hal ini karena makan makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus untuk mempermudah terjadinya diare.

4. Mengurangi Sensitivitas Lidah

Terlalu banyak makan makanan pedas bisa mengurangi sensitivitas lidah dalam mengecap rasa, bahkan bisa membuat sensitivitas lidah berangsur hilang. Jika sensitivitas berkurang, lidah tidak lagi berfungsi optimal untuk menentukan porsi makanan pedas yang dapat ditolerir.

5. Insomnia

Ketika Anda memakan makanan pedas, suhu tubuh akan meningkat. Tak hanya itu menurut sebuah penelitian menunjukan bahwa makan makanan pedas bisa melukai perut dan mengaktifkan hormon kimia yang bisa membuat Anda terjaga di malam hari.

6. Kerongkongan Terasa Terbakar Dan Panas

Efek dari terlalu sering mengonsumsi makanan pedas lainnya yaitu tenggorokan terasa seperti terbakar yang disertai rasa panas. Hal ini disebabkan oleh karena kandungan zat capsicum pada cabai yang dapat mengiritasi kerongkongan.

7. Menyebabkan Kontraksi Dini

Ibu hamil yang sering mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan kontraksi dini, hal ini diakibatkan karena terlepasnya hormon prostaglandin. Pelepasan hormon tersebut akan mendorong otot-otot halus pada rahim, sehingga terjadi kontraksi.

Setelah mengetahui beberapa bahaya akibat mengonsumsi makanan pedas diatas, sebaiknya Anda kurangi asupan makanan pedas.  Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *