Bahaya Kayu Manis Untuk Penyakit Liver

Memperhatikan asupan makanan sangatlah penting, termasuk bagi mereka yang menderita penyakit liver dilarang mengonsumsi kayu manis. Lalu apa bahaya kayu manis untuk penyakit liver ini?

bahaya-kayu-manis-untuk-penyakit-liver

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang digunakan sebagai agen penyedap. Ada dua varietas umum yang digunakan yaitu ceylon dan cassia. Kayu manis menyimpan berbagai bahan aktif yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan Anda. Salah satunya flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan. Hal ini membantu tubuh Anda melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu kayu manis juga mengandung minyak essensial yang memberi aroma serta memiliki sifat anti peradangan, antivirus dan anti bakteri.

Kandungan tersebut membuat kayu manis dapat dimanfaatkan untuk membantu menurunkan risiko berbagai penyakit. Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menunjukan bahwa kayu manis dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan penyakit neurodegeneratif.

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun juga memiliki risiko kesehatan jika dosis konsumsinya terlalu banyak. Diantaranya :

1. Memiliki Efek Seperti Antibiotika

Kayu manis merupakan suatu antibiotika kuat. Berkonsultasilah dengan dokter Anda jika Anda ingin mengkonsumsi kayu manis bersamaan dengan antibiotika lainnya karena kayu manis mungkin dapat mengubah efek antibiotika yang Anda konsumsi.

2. Mempengaruhi Kadar Gula Darah

Penderita diabetes sebaiknya berhati-hati atau membatasi konsumsi kayu manis. Hal ini karena kayu manis juga bisa mempengaruhi kadar gula darah , yang jika dikombinasikan dengan obat anti diabetes dapat menyebabkan terjadinya penurunan kadar gula darah hingga menjadi terlalu rendah.

3. Iritasi Lambung

Pada penderita ulkus lambung atau irritable bowel syndrome sebaiknya berhati-hati mengonsumsi kayu manis, karena jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan iritasi lambung

4. Iritasi Kulit

Sebaiknya jangan pernah mengoleskan minyak kayu manis secara langsung pada kulit. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya luka bakar berat dan iritasi kulit yang terkena. Memang reaksi alergi akibat kayu manis jarang terjadi, akan tetapi jika terjadi maka reaksi alergi ini dapat menyebabkan terbentuknya borok atau koreng pada kulit.

5. Toksik Bagi Ginjal

Kayu manis mengandung suatu zat yang bersifat racun bagi ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Zat ini disebut dengan coumarin. Oleh karena itu, dianjurkan agar penderita gangguan ginjal untuk membatasi konsumi kayu manis.

6. Pengencer Darah

Kayu manis juga berperan dalam menghambat terbentuknya bekuan darah. Hindari konsumsi kayu manis dalam jumlah besar jika Anda ingin di operasi, sedang menstruasi, atau pada keadaan apapun yang memungkinkan terjadinya pendarahan hebat.

7. Meningkatkan denyut jantung

Mengonsumsi kayu manis dalam jumlah besar dapat menyebabkan terjadinya peningkatan denyut jantung yang dapat berbahaya pada orang yang menderita penyakit jantung.

Bahaya Kayu Manis Untuk Penyakit Liver

Konsumsi kayu manis dalam jumlah tinggi juga dapat membahayakan orang dengan masalah penyakit liver. Hal ini karena kandungan kumarin dalam kayu manis itu sendiri. Kumarin merupakan agen atikoagulan yang dapat mempengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal. Bagi orang yang sensitif terhadap kumarin, konsumsi kayu manis dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risikonya mengalami kerusakan liver/hati.

Nah, maka dari itu Anda harus tahu berapa banyak kayu manis yang aman untuk Anda konsumsi, terutama jika mengonsumsi suplemen kayu manis. Konsumsi yang disarankan adalah tidak lebih dari 2-4 gram setiap hari.

Namun jika Anda ingin menggunakan ramuan kayu manis sebagai cara menyembuhkan penyakit liver, Anda bisa buat ramuan kayu manis dengan campuran bahan alami lain seperti jahe, cengkeh, kunyit dan bahan alami lainnya. Sebelum mengonsumsinya ada baiknya Anda berkonsultasikan dulu dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan dosis yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *