Air Kelapa Hijau Untuk Batu Empedu

manfaat-air-kelapa-hiaju-untuk-batu-empedu

Sebenarnya tidak ada makanan yang secara khusus dapat memecah batu empedu, namun setidaknya beberapa asupan makanan tertentu diketahui dapat membantu mengurangi gejala yang berhubungan dengan penyakit batu empedu, salah satunya air kelapa hijau untuk batu empedu.

Batu empedu berasal dari kolesterol yang menumpuk pada saluran empedu sehingga lama kelamaan mengeras dan menjadi batu. Dimana ketidakseimbangan kadar kolesterol dan senyawa kimia dalam cairan empedu diduga menjadi penyebab terjadinya batu empedu.

Meskipun umumnya tidak berbahaya namun batu empedu yang berukuran cukup besar bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada bagian ujung empedu sehingga menimbulkna rasa sakit atay nyeri yang cukup kuat.

Melakukan pengobatan sangatlah penting agar keadaan yang ada tidak semakin parah dan batu yang ada tidak semakin membesar. Ada berbagai macam cara menyembuhkan batu empedu, baik itu medis maupun tradisional. Selain dengan tindakan tersebut Anda bisa memanfaatkan air kelapa hijau untuk membantu penyembuhan batu empedu.

Manfaat Air Kelapa Hijau Untuk Batu Empedu

Kelapa merupakan salah satu buah yang terkenal kaya akan manfaatnya. Semua bagian buah, bahkan pohonnya memiliki beragam manfaat. Tidak hanya sering dijadikan sebagai penghilang dahaga ketika Anda harus, air kelapa juga memiliki khasiat luar tersembunyi yaitu dapat menetralisir batu dalam kandung empedu.

Berikut beberapa kandungan penting dalam air kelapa hijau, diantaranya:

  • Sodium

Dalam satu cangkir kelapa juga mengandung 252 mg sodium yang juga merupakan electrolyte yang hilang pada saat bekerja atau berolahraga setelah keringat yang dikeluarkan. Sodium ini memainkan peran yang sangat penting untuk fungsi tubuh dalam mengatur pergerakan air ke dalam dan luar sel tubuh.

  • Mineral dan Vitamin

Air kelapa merupakan sumber vitamin yang baik. Dalam sajian satu cangkir kelapa dapat memberikan 5,8 mg vitamin C dan folatem riboflavin, thiamin, niacin, dan vitamin B-6. Air kelapa juga dapat memberikan mineral penting lain bagi tubuh seperti kalsium, zat besi, magnesium dan phosporus.

  • Potassium

Dalam satu cangkir air kelapa hijau menyediakan kandungan potassium sebanyak 600 mg. Kadar potassium normal adalah penting bagi fungsi sel. Jika level potassium turun terlalu rendah , maka akan mempengaruhi sistem syaraf dan dapat menyebabkan detak jantung tidak beraturan.

Air kelapa juga mengandung asam malat yang dapat membantu mengobati fibromyalgia ketika dipasangkan dengan magnesium, dan dapat membantu mengatasi batu empedu. Kandungan 95 % air dalam buah kelapa jika dikonsumsi secara teratur dapat menyiram batu dari dalam kandung empedu.

Sementara itu, air kelapa juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya yaitu dengan meningkatkan asupan serat makanan. Setiap porsi 1 cangkir air mengandung 2,6 gr serat makanan, yang merupakan 10% dari serat perempuan perlu setiap hari dan 7% dari yang dibutuhkan oleh seorang pria.

Selain diminum secara langsung air kelapa hijau juga bisa diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu. Dimana proses pembakaran ini tidak hanya menimbulkan rasa hangat namun juga dipercaya mengatasi masalah penyakit batu empedu. Caranya :

  1. Lubangi kelapa hijau di bagian atasnya seperti ketika Anda hendak mengambil air atau meminumnya
  2. Kemudian kurangi sedikit airnya agar tidak tumpah
  3. Lalu dibakar diatas api hingga mendidih
  4. Tunggu sampai dingin dan bisa langsung diminum

Demikianlah informasi manfaat air kelapa hijau untuk batu empedu. Anda bisa mencoba dan mengonsumsi rutin pada malam hari menjelang tidur. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *