Pantangan Penyakit Polip Hidung

Hindari-5-Pantangan-Penyakit-Polip-Hidung-Agar-Cepat-Sembuh

Selain dapat menyebabkan hidung tersumbat, polip di hidung juga bisa beresiko menjadi berbahaya jika terus diabaikan tanpa pengobatan. Polip di hidung ini juga memilik ukuran bervairiasi ada yang besar dan kecil.

Polip bisa terjadi apabila terdapat tumor jinak berupa daging kecil yang tumbuh dalam rongga hidung. Pertumbuhan tumor tersebut dipicu karena peradangan pada rhinitis alergi yang tidak mendapat penanganan. Saat alergi muncul, maka akan menyebabkan perubahan di bagian mukosa hidung, pembuluh darah, dan pembuluh kelenjar getah bening.

Ketika kondisi sudah seperti itu, juga dapat memicu hambatan balik di cairan intersitial yang nantinya akan terbendung. Setelah proses tersebut berlangsung lama, maka disinilah pembengkakan mukosa hidung terjadi. Jika dibiarkan, penonjolan akan menjadi bertambah panjang dan membentuk suatu tangkai dan disebutlah ini sebagai polip hidung.

Selain dengan melakukan pengobatan, penderita polip hidung juga perlu memperhatikan beberapa asupan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya ada beberapa makanan yang menjadi pantangan penderita polip hidung yang wajib dihindari.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Polip Hidung

1. Sayuran tertentu

Ada beberapa jenis sayuran yang harus Anda hindari saat terkena polip hidung, hindari konsumsi kedelai dan olahannya, sawi putih, kangkung, tauge dan bumbu yang menyengat seperti cabai, merica dan lada.

2. Makanan yang digoreng, dibakar atau dipanggang

Hindari-5-Pantangan-Penyakit-Polip-Hidung-Agar-Cepat-Sembuh

Selain merupakan makanan penyebab vertigo kambuh, makanan ini juga dapat menyebabkan kondisi polip semakin memburuk. Ini karena kandungan minyaknya yang sangat tinggi, sehingga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

3. Makanan dan minuman yang mengandung alkohol

Alkohol memiliki dampak buruk bagi kesehatan Anda. Agar kondisi polip tidak bertambah parah sebaiknya hindari minuman beralkohol dan makanan yang mengandung alkohol seperti durian, lengkeng, anggur, nangka, tape ketan atau tape singkong.

4. Daging merah

Konsumsi daging merah yang berlebih akan memberikan dampak buruk bagi polip Anda, terutama daging kambing dengan kandungan kolesterol tinggi.

5. Makanan berpengawet tinggi

Hindari-5-Pantangan-Penyakit-Polip-Hidung-Agar-Cepat-Sembuh

Seperti mie instan, fast food dan makanan kalengan. Makanan tersebut mengandung bahan pengawet dan sudah terkontaminasi dengan bahan kimia yang sudah jelas sangat berbahaya bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi oleh penderita polip hidung.

Itulah beberapa makanan yang menjadi pantangan penderita polip hidung. Selain dengan menghindari beberapa makanan diatas , sebaiknya Anda juga mengetahui penyebab polip hidung tumbuh yang seharusnya Anda hindari.

Sedangkan untuk membantu proses penyembuhan Anda disarankan mengonsumsi makanan yang sehat dan baik, seperti :

  • Makanan omega 3 (misalnya biji rami, kenari, kedelai, dan ikan air dingin seperti salmon, cod, dan halibut)
  • Makanan yang mengandung tinggi vitamin A dan Betacaroten (bayam, wortel, ubi jalar, labu musim dingin, mangga, melon dan aprikot)
  • Makanan yang mengandung vitamin C dan E seperti jeruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *