Gejala Maag Ringan

Kenali-7-Gejala-Maag-Ringan-Yang-Harus-Anda-Waspadai

Penyakit maag merupakan suatu kondisi adanya luka atau peradangan pada lambung akibat infeksi bakteri helicobacter pylori. Kebanyakan orang sering menyepelekan kondisi sakit maag, karena sebagian besar gejalanya dapat segera sembuh dengan sendirinya.

Ketika dinding lambung bagian luar sudah terinfeksi, kondisi lambung sudah sangat mengkhawatirkan sehingga asupan makanan pun harus dicermati.

Pada awalnya maag memang sering tidak menunjukan gejala. Orang yang mengalami maag ringan ketika dilakukan pemeriksaan terhadap lambung maka akan kelihatan di dalam lambungnya ada peningkatan asam lambung yang atau berlebihan. Naiknya asam lambung ini tidak menyebabkan pengikisan di dinding lambung pada bagian dalam sehingga maag ringan tidak akan merasakan nyeri sama sekali.

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit maag sebaiknya perhatikan dan ketahui penyebab asam lambung naik agar Anda dapat mewaspadainya sebelum terjadi.

Berikut beberapa gejala atau ciri ciri Anda terkena penyakit maag ringan, diantaranya :

  • Kehilangan nafsu makan

Pengikisan dinding lambung dapat membuat penderitanya merasa tidak nafsu makan. Akibatnya semakin sering tidak makan lambung pun akan mengalami luka serius, hal ini karena saat perut kosong kondisi asam lambung menjadi naik. Maka dari itu sebaiknya Anda jangan suka telat makan sebelum penyakit maag menyerang Anda.

  • Wajah pucat

Hal ini terjadi ketika orang tersebut telah kehilangan nafsu makannya selama berhari-hari. Wajah yang pucat disebabkan oleh tubuh yang kekurangan energi sehingga aliran oksigen dan aliran darah merah di seluruh tubuh menjadi tidak lancar.

  • Suhu badan naik

Penderita maag ringan juga akan mengalami peningkatan suhu badan. Hal ini terjadi karena gangguan pencernaan yang ada di lambung sehingga proses kimia yang ada di lambung akan dipercepat.

  • Keringat dingin

Selain suhu badan yang naik, penderita juga akan mengeluarkan keringat dingin. Gejal tersebut biasanya juga diikuti oleh rasa mual hingga muntah.

  • Sendawa terus menerus

Saat penyakit maag menyerang biasanya juga akan menunjukan gejala sering bersendawa hal ini disebabkan adanya gas yang memenuhi lambnung sehingga Anda bersendawa secara berlebihan. Jika biasanya sendawa terjadi sebagai reaksi kenyak sesudah makan, namun untuk kasus sakit maag sendawa bisa terjadi kapan saja meski belum makan.

  • Perut terasa kembung

Perut kembung bisa terjadi akibat gas berlebih pada lambung, kembung juga bisa terjadi akibat pergerakan makanan pada usus dan lambung.

  • Mulut dan lidah terasa tidak enak

Hal ini karena adanya penebalan lapisan lidah. Memang kondisi lidah seseorang bisa menandakan kondisi kesehatan seseorang seperti lidah putih, adanya bintik merah pada lidah, bintik hitam di lidah dan sebagainya. Lidah yang pahit pun bisa menjadi indikasi bahwa Anda sedang mengalami penyakit tertentu.

Demikian beberapa gejala maag ringan yang harus Anda waspadai. Jika Anda mengalami gejala diatas sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Semakin dini pengobatan semakin besar pula terhindar dari resiko bahaya yang mematikan.

Selain melakukan pengobatan , Anda juga disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung dan maag. Lakukan perubahan gaya hidup sehat dengan makan secara teratur serta jangan pernah malas berolahraga. Karena semakin tubuh tidak melakukan aktivitas maka sistem kekebalan pun akan semakin menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *