Pertolongan Pertama Saat Epilepsi Kambuh

Epilepsi merupakan suatu penyakit kambuhan dengan gejala utamanya berupa kejang. Penyakit ini termasuk dalam jenis penyakit syaraf yang perlu diwasapadai. Kejang tersebut pada umumnya dapat terjadi secara berulang akibat adanya letupan listrik yang terlalu berlebihan di dalam otak.

Lakukan-8-Langkah-Pertolongan-Pertama-Saat-Epilepsi-Kambuh

Gangguan listrik tersebut dapat disebabkan diantaranya oleh kerusakan jaringan otak, cedera kepala, infeksi otak, gangguan pembuluh darah, cacat lahir hingga kelainan genetik.

Penderita epilepsi bisa saja mengalami kerusakan otak jika penanganan awal yang diberikan kurang tepat. Maka dari itu pada saat ada seorang penderita epilepsi yang kambuh atau kumat sebaiknya Anda jangan panik atau malah meninggalkannya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi epilepsi yang sedang kambuh?

Berikut tips pertolongan pertama saat epilepsi kambuh yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

  • Tetap bersikap tenang, usahakan jangan takut dan panikJauhkan barang-barang yang berbahaya di sekitar penderita
  • Biarkan kejang berlangsung, jangan memasukan benda keras ke mulutnya karena benda tersebut dapat melukai pasien
  • Longgarkan pakaian penderita
  • Baringkan orang tersebut dalam posisi miring secara perlahan
  • Taruh bantal di bawah kepalanya dan buka rahangnya untuk membuka jalur pernafasan yang lebih baik sekaligus mencegah orang tersebut dari tersedak air liur atau muntah
  • Jangan memberi makan, minum atau obat sampai korban benar-benar pulih dan sadar sepenuhnya.
  • Tetap di samping pasien sampai keadaan benar-benar pulih
  • Jika setelah kejang berakhir tidak ada keluhan atau kelemahan, maka pasien dapat dikatakan telah pulih. Namun bila pasien mengalami sakit kepala, terlihat kosong atau mengantuk, biarkan pasien melanjutkan istirahatnya.

Itulah beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan. Namun jika kejang berlangsung lama atau berulang-ulang, segeralah cari pertolongan medis secepat mungkin.

Bahaya penderita epilepsi bisa terjadi kapan saja salah satunya tenggelam. Tenggelam ketika terjatuh ke dalam air bisa menyebabkan penderita kehilangan kesadaran, kerusakan otak yang sangat parah dan kematian. Karena ketika penderita epilepsi mengalami kejang dalam air maka tubuh tidak mendapatkan oksigen.

Tak hanya itu, penderita juga rentan mengalami gangguan mental. Hal ini bisa terjadi ketika ada banyak penderita yang menyadari bahwa kondisi epilepsi bisa bertahan dalam tubuh seumur hidup. Bahkan mengonsumsi obat belum tentu mengatasi keadaan.

Kerusakan syaraf yang terjadi setelah serangan kejang berulang juga bisa menganggu kemampuan fisik dan mental. Akibatnya maka penderita bisa mengalami gangguan mental yang berat.

Untuk menghindari beberapa bahaya tersebut, ada baiknya Anda lakukan dan ketahui cara mencegah epilepsi kambuh, agar tidak kambuh di tempat yang berbahaya yang mungkin dapat mengancam jiwa. Semakin dini pencegahan maka akan semakin besar pula Anda terhindar dari resiko bahayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *