Olahraga Untuk Menurunkan Trigliserida Tinggi

4-Olahraga-Yang-Bagus-Untuk-Menurunkan-Trigliserida-Tinggi

Olahraga merupakan salah satu aktivitas tubuh yang sangat baik. Semakin rutin tubuh berolahraga maka kualitas kesehatan akan semakin tinggi. Dengan berolahraga sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat dan membuat tubuh tidak rentan terkena penyakit.

Berolahraga secara teratur juga memberikan peran yang sangat besar terhadap jumlah kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Membiasakan diri dengan melakukan olahraga akan mendorong untuk mengaktifkan sel-sel tubuh yang tidak bekerja secara maksimal. Sehingga tidak akan mudah mengalami masalah pada pembuluh darah akibat trigliserida.

Bagi penderita trigliserida tinggi yang malas berolahraga, selama melakukan diet kemungkinan besar turunnya kolesterol dalam tubuh tidak berjalan lancar atau mengalami hambatan.

Berikut beberapa olahraga yang cocok untuk membantu menurunkan kadar trigliserida tinggi Anda, yaitu :

  • Bersepeda dan berenang
4-Olahraga-Yang-Bagus-Untuk-Menurunkan-Trigliserida-Tinggi

Dapat membuat kinerja organ jantung bekerja lebih cepat dan mampu merangsang pembentukan enzim tertentu untuk menguraikan kolesterol LDL dari darah ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk keringat maupun urin.

  • Aerobik
4-Olahraga-Yang-Bagus-Untuk-Menurunkan-Trigliserida-Tinggi

Senam aerobik memiliki peran yang sangat penting untuk membuat otot-otot organ jantung memompa darah lebih kuat dan stabil. Sehingga cocok sebagai olahraga untuk kesehatan jantung dan mampu meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh dalam melakukan pembakaran kadar lemak dalam darah.

  • Yoga
4-Olahraga-Yang-Bagus-Untuk-Menurunkan-Trigliserida-Tinggi

Senam yoga secara rutin dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL hingga 35%. Selain itu, yoga juga dapat merangsang pembentukan kadar HDL dalam tubuh meningkat.

Itulah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan untuk membantu menormalkan kembali kadar trigliserida tubuh.

Menurut panduan yang berlaku secara umum batas minimal waktu berolahraga yang ideal selama sekitar 150 menit dalam seminggu. Waktu olahraga tersebut sudah mampu untuk membakar kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Sehingga mendorong jumlah kadar kolesterol tubuh menjadi stabil.

Selain melakukan olahraga, penderita juga harus memperhatian gaya hidup sehat. Ketahui jenis makanan penurun lemak darah atau trigliserida agar proses menurunkan kadarnya dapat berjalan optimal dan kembali normal.

Perhatikan pola makan Anda. Setelah Anda makan, sel-sel di pankreas melepaskan insulin ke aliran darah. Kemudian, insulin mengangkut glukosa ke sel dan digunakan sebagai energi. Jika Anda memiliki terlalu banyak insulin dalam darah, maka tubuh Anda bisa menjadi resisten dan menyulitkan kinerja insulin. Hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan glukosa dan trigliserida dalam darah.

Dengan makan yang teratur, maka dapat mencegah resistensi insulin. Sebuah studi menunjukan bahwa makan 3x kali sehari mampu menurunkan trigliserida secara signifikan dibandingkan dengan makan 6 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *