Mencegah Epilepsi Kambuh

7-Cara-Ampuh-Mencegah-Epilepsi-Agar-Tidak-Mudah-Kambuh

Epilepsi merupakan suatu penyakit yang memerlukan penanganan yang serius. Karena epilepsi dapat muncul sewaktu-waktu dan menjadi bahaya tersendiri. Penderita epilepsi bisa mengalami rasa cemas berlebihan, hal ini karena mereka sangat takut jika serangan terjadi ketika mereka sedang bermain atau berkumpul dengan teman.

Pada dunia medis, seseorang bisa dikatakan terkena epilepsi setalah medapatakan kejang yang terus saja berulang lebih dari 1 kali. Untuk tingkat keparahaanya, bagi penderita akan berbeda. Ada yang harnya mendapatkan kejang dalam hitungan detik atau ada juga yang lebih lama dalam hitungan menit.

Sebelum melakukan pencegahan epilepsi kambuh, Anda harus mengetahui dulu penyebab epilepsi kambuh. Semakin Anda mengetahui hal-hal yang memicu kambuhnya kejang maka semakin Anda dapat mengatasi kondisi ini dengan lebih baik.

Ada beberapa cara mencegah epilepsi yang bisa Anda lakukan :

  1. Istirahat yang cukup
  2. Hindari stress yang berlebih
  3. Menghindari stimulasi cahaya yang berlebihan
  4. Mengurangi kebiasaan merokok dan minuman beralkohol
  5. Jaga berat badan agar tetap ideal
  6. Jangan melakukan olahraga berlebihan
  7. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat

Sebaiknya lakukan pencegahan diatas agar epilepsi Anda tidak mudah kambuh. Sebelum penyakit ayan kambuh, biasanya tubuh akan memberikan sinyal terlebih dahulu berupa pusing yang tidak kunjung hilang.

Menggonsumsi makanan sehat dengan diet seimbang juga dapat membantu penderita mencegah kambuhnya epilepsi. Anda bisa melakukan diet dengan mengonsumsi makanan makanan berikut :

  • Daging dan seafood

Daging, seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, serta ikan dan seafood merupakan beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita epilepsi. Makanan tersebut kaya akan lemak dan protein yang baik untuk penderita epilepsi. Selain itu, daging (terutama daging merah) juga kaya akan mineral seng yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

  • Sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan serat tinggi, kalori rendah yang baik untuk menjaga kolesterol tubuh agar tetap stabil, dan berbagai nutrisi penting, sehingga penderita epilepsi disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk produk olahannya, seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan lainnya, merupakan makanan yang baik dikonsumsi penderita hernia karena sumber ptotein nabati. Penderita epilepsi juga disarankan untuk mengonsumsi protein dalam jumlah sedang. Setidaknya, penderita epilepsi harus memenuhi 80% piringnya dengan makanan sumber protein, baik protein hewani maupun nabati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *