Makanan Penurun Lemak Darah

Lemak darah disebut juga lipid, atau istilah lain dari trigliserida. Namun sebenarnya untuk segala jenis lipid seperti kolesterol juga masuk didalamnya. Kadar lemak darah yang normal memang berperan dalam proses metabolisme tubuh, namun jika kadarnya tinggi atau tidak normal justru dapat membahayakan.

8-Jenis-Makanan-Penurun-Lemak-Darah-Super-Cepat-Tanpa-Obat

Ada beberapa faktor resiko seseorang bisa memiliki kadar lemak darah yang tinggi, diantaranya :

  1. Akibat mengonsumsi makanan lemak terlalu banyak
  2. Konsumsi obat-obatan tertentu
  3. Mengidap gangguan ginjal, hati, diabetes, dan stress
  4. Faktor genetik
  5. Kebiasaan minum alkohol

Trigliserida tinggi dapat menyebabkan pengerasan arteri atau penebalan dinding arteri (aterosklerosis), yang akan meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu juga akan menyebabkan pankreatitis akut jika kadarnya sudah sangat tinggi, misalnya di atas 1000 mg / dL.

Sebagian besar orang yang memiliki trigliserida tinggi, biasanya juga memiliki kolesterol tinggi. Keduanya memang dapat berbahaya, untuk itu sebaiknya segera lakukan penanganan sedini mungkin sebelum sulit diatasi.

Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang terbukti sangat baik dalam membantu menurunkan kadar lemak darah, sebagai berikut :

  • Ikan salmon
8-Jenis-Makanan-Penurun-Lemak-Darah-Super-Cepat-Tanpa-Obat

Ikan air dingin seperti salmon, tuna, dan cod memiliki asam lemak omega-3 tinggi. Jika rajin dikonsumsi, maka dapat menurunkan trigliserida secara signifikan. Sejauh ini ikan terbaik adalah salmon. Agar kolesterol tidak meningkat hindari memasak dengan minyak, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur (sayur kacang panjang misalnya) memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. Kacang panjang akan mengandung banyak serat yang memperlambat laju dan jumlah penyerapan kolesterol dan trigliserida dalam makanan.

  • Kubis
8-Jenis-Makanan-Penurun-Lemak-Darah-Super-Cepat-Tanpa-Obat

Kandungan yang terdapat dalam kubis ini seperti air, protein, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Kubis mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat menetralisir trigliserida dengan baik karena antioksidan dapat menetralkan kolesterol dengan perlahan.

  • Bayam

Mengkonsumsi bayam setiap hari sebagai menu utama makanan dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi. Antioksidan pada bayam juga berpengaruh untuk membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga kulit juga menjadi lebih sehat dan mulus.

  • Wortel
8-Jenis-Makanan-Penurun-Lemak-Darah-Super-Cepat-Tanpa-Obat

Wortel mengandung banyak vitamin A yang sangat baik untuk mata, selain itu wortel juga berperan penting sebagai penangkal kolesterol jahat sehingga mencegah terjadinya trigliserida.

  • Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen yang banyak yang bisa berperan aktif untuk menangkal kadar trigliserida yang tinggi sehingga dapat menurunkan kadar trigliserida Anda.

  • Biji rami
8-Jenis-Makanan-Penurun-Lemak-Darah-Super-Cepat-Tanpa-Obat

Biji rami kaya akan omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida. Namun konsumsilah biji rami ini setelah melalui proses penggilingan atau penghalusan agar efek menguntungkannya lebih mudah diserap oleh tubuh.

  • Gandum

Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan menjaga gula darah agar tetap stabil.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu dalam menurunkan kadar trigliserida tinggi Anda. Anda bisa memasukan makanan diatas kedalam menu harian Anda. Jangan lupa imbangi juga dengan kegiatan olahraga, sebaiknya ketahui jenis olahraga untuk menurunkan trigliserida tinggi agar penurunan bisa lebih cepat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *