Pantangan Makanan Kista Ovarium

Menderita suatu penyakit memang mengharuskan penderitanya untuk selalu menjaga asupan makanan yang akan dikonsumsi, termasuk penyakit kista ovarium. Karena makanan yang sehat dan bergizi selain sangat baik untuk sistem imunitas tubuh juga dapat membantu proses penyembuhan dengan cepat.

Siapapun bisa terkena penyakit kista ovarium. Yang perlu diwaspadai adalah kemunculan gejala kista ovarium yang justru tidak akan timbul di awal, namun akan muncul jika kista semakin membesar sehingga diperlukan penanganan medis seperti pembedahan atau operasi kista ovarium.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kista Ovarium

Jika saat ini Anda didiagnosa oleh dokter terkena penyakit kista ovarium dan sedang melakukan pengobatan maka ada baiknya Anda menghindari beberapa pantangan makanan bagi penderita kista ovarium  sebagai penunjang proses penyembuhan agar tidak terhambat. Berikut diantaranya :

1. Sayuran tertentu

6-Pantangan-Makanan-Kista-Ovarium-Yang-Harus-Dihindari

Sayuran seperti kecambah, tauge, sawi putih dan kangkung merupakan salah satu makanan penyebab kista ovarium dan harus dihindari. Kecambah atau tauge justru dapat mempercepat perkembangan sel, sementara sawi dan kangkung dapat menghambat kinjerja obat yang dikonsumsi.

2. Makanan yang diawetkan

Makanan yang diawetkan seperti mie instan, ikan asin dan beberapa makanan lainnya tidak layak sebagai lauk untuk penderita kista karena mengandung senyawa kimia yang berbahaya untuk kesehatan penderitanya.

3. Seafood

Selain merupakan makanan pemicu miom, seafood juga tidak baik jika Anda sedang menderita kista. Kandungan lemak yang tinggi dapat memperburuk kondisi kista.

4. Buah-buahan tertentu

6-Pantangan-Makanan-Kista-Ovarium-Yang-Harus-Dihindari

Seperti buah durian, nangka, kelengkeng, duku dan nanas. Nangka dan klengkeng mengandung suatu zat yang dapat meningkatkan resiko tumbuhnya sel kanker dan kista. Sedangkan durian, nanas, dan duku mengandung alkohol yang dapat mengembangkan sel kanker dan tumor jinak.

5. Daging unggas

Daging unggas merupakan pantangan makanan kelenjar getah bening dan kista ovarium. Hormon yang disuntikan pada unggas mempunyai pengaruh buruk bagi kesehatan dan juga penderita kista.

6. Kacang kedelai

6-Pantangan-Makanan-Kista-Ovarium-Yang-Harus-Dihindari

Mengandung senyawa fitoesterogen yang memicu meningkatnya estrogen dan xenoestrogens, dimana kelebihan hormon estrogen merupakan salah satu pemicu ketidakseimbangan hormon yang kemudian menyebabkan kista ovarium.

Itulah beberapa pantangan yang sebaiknya Anda hindari dan tidak dimasukan dalam resep masakan untuk penderita kista. Untuk menghindari resiko terkena kista ada baiknya Anda mengetahui cara mencegah kista ovarium sedini mungkin sebelum terlambat.

Dengan menghindari beberapa makanan diatas diharapakan kondisi kista Anda akan cepat sembuh dan terhindar dari resiko muncul kembali. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *