Operasi Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantung kecil berisi cairan yang terbentuk pada ovarium Anda. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun Anda tidak boleh menyepelekannya, pasalnya kista ini dapat membesar dan justru membahayakan.

Operasi-Kista-Ovarium,-Biaya,-Efek-Samping-dan-Pemulihannya

Kista yang tergolong berbahaya dan cukup besar biasanya disarankan dokter untuk segera diangkat dengan tindakan operasi. Namun operasi dapat dilakukan jika penderita mengalami gejala seperti :

  • Perut semakin membesar
  • Nyeri panggul
  • Perubahan siklus menstruasi
  • Nyeri saat buang air besar
  • Sering buang air kecil atau anyang anyangan
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Nyeri menyebar sampai ke punggung bawah dan paha

Operasi Kista Ovarium

Ketika akan melakukan operasi tentunya penderita harus mempersipakan segala hal dan persiapan mental operasi kista adalah yang utama.

Biasanya dokter akan melakukan prosedur kista ovarium seperti :

1. Laparoskopi

Operasi-Kista-Ovarium,-Biaya,-Efek-Samping-dan-Pemulihannya

Yaitu operasi dengan sedikit rasa sakit dan membutuhkan pemulihan lebih cepat. Operasi ini dilakukan dengan cara memasukan laparoskop ke perut penderita melalui lubang kunci atau sayatan kecil di perut. Kemudian diisikan gas ke perut Anda untuk memudahkan dokter melakukan tindakan. Setelah itu kista dihilangkan dan sayatan di perut Anda ditutup dengan jahitan yang bisa larut.

2. Laparotomi

Operasi-Kista-Ovarium,-Biaya,-Efek-Samping-dan-Pemulihannya

Operasi ini cukup konvensional dan sering digunakan untuk berbagai macam pembedahan baik itu untuk pengangkatan usus buntu, hernia, atau layaknya seperti operasi caesar pada ibu hamil.

Operasi ini dilakukan jika ukuran kista sudah sangat besar atau ada kemungkinan kista berkembang menjadi kanker. Laparotomi dilakukan dengan cara sayatan tunggal di perut Anda, kemudian dokter mengangkat kista dan menutup kembali sayatan tersebut dengan jahitan.

Berapa biaya operasi kista ovarium yang harus dikeluarkan?

Umumnya biaya rumah sakit di tiap rumah sakit berbeda-beda, tergantung dari kelas dan metode operasi yang diambil. Biaya operasi kista ovarium secara konvensional biasanya berkisar antara 11 juta sampai dengan 19 jutaan. Sementara dengan laroskopi lebih mahal, yakni kisaran 24-50 jutaan. Biaya tersebut belum termasuk biaya sewa kamar, konsultasi pasca operasi dan obat-obatan.

Operasi yang dilakukan untuk mengangkat kista ovarium tidak sepenuhnya menjamin bahwa kista tidak akan tumbuh lagi. Faktanya pada beberapa pasien yang telah melakukan operasi, kista masih bisa tumbuh lagi.

Selain itu ada beberapa dampak negatif atau efek samping lainnya yang mungkin terjadi seperti :

  • Infeksi
  • Pendarahan pada rahim
  • Terbentuknya jaringan parut, baik pada lokasi pembedahan, indung telur, atau di area panggul
  • Pembekuan darah
  • Infertilitas
  • Kerusakan pada usus besar atau kecil

Kekhawatiran lain yang bisa muncul setelah operasi pengangkatan kista adalah susah mempunyai keturunan/mandul. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah, karena tergantung kondiasi seseorang atau tiap individu berbeda-beda.

Pengangkatan pada satu ovarium dapat sedikit mempengaruhi tingkat kesuburan tetapi ovarium yang tersisa dapat terus memproduksi hormon dan sel-sel telur sehingga kemungkinan untuk hamil dan memiliki anak tetap ada.

Berbeda dengan pengangkatan ovarium keduanya maka akan memicu menopause dini dan meniadakan kemungkinan Anda untuk memiliki anak. Biasanya jika kedua ovarium diangkat bersama dengan rahim dan jaringan sekitarnya adalah jika kista terbukti mengandung sel kanker ganas.

Pemulihan & Perawatan Pasca Operasi Kista Ovarium

Normalnya proses penyembuhan paska operasi akan memakan waktu 4-6 minggu sampai benar-benar pulih. Pada operasi besar (seperti caesar) akan dibutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan untuk pemulihannya, namun untuk teknik laparoskopi akan lebih cepat.

Selama proses pemulihan Anda disarankan menghindari dan mengetahui beberapa pantangan makanan kista ovarium yang mungkin dapat memicu kista tumbuh lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *