Mencegah Trigliserida Tinggi

Trigliserida adalah lemak yang ada pada tubuh dan berfungsi untuk menyediakan energi bagi tubuh sehingga cadangan trigliserida bisa dipakai kapan saja terutama diet.

Sebenarnya trigliserida ini tidak berbahaya, namun akan menjadi berbahaya jika kadarnya tidak normal atau naik. Kita mendapatkan trigliserida dari berbagai jenis makanan yang bersumber dari tanaman maupun hewan. Namun tidak hanya berasal dari makanan saja, melainkan juga dari hasil produksi yang dilakukan sendiri oleh tubuh sebagai sumber energi.

Ukuran normal kadar trigliserida tubuh yakni :

Normal <150 mg/dL
Tinggi 200-499 mg/dL
Sangat tinggi 500 mg/dL

Kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kesehatan kita. Semakin tinggi kadar trigliserida, maka resiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan semakin tinggi.

Untuk menghindari bahaya tersebut, maka sebaiknya lakukan beberapa hal berikut yang bisa mencegah Anda dari naiknya kadar trigliserida tinggi, diantaranya :

  • Menjaga berat badan agar tetap ideal

Obesitas merupakan salah satu faktor pendukung seseorang memiliki kadar trigliserida yang tinggi. Maka dari itu sebaiknya hindari beberapa makanan yang dapat memicu Anda mengalamai obesitas seperti makan lemak berlebihan, makan di malam hari, makan makanan manis berlebihan, daging merah dan hati. Bukan hanya penyebab obesitas makanan tersebut juga merupakan penyebab kolesterol tinggi di usia muda.

  • Konsumsi asam lemak omega 3

Beberapa sumber asam lemak omega 3 adalah seperti ikan salmon, sarden, tuna dan berbagai jenis ikan lainnya. Konsumsi berbagai jenis ikan tersebut selama 2 kali dalam seminggu untuk menncegah trigliserida tinggi.

  • Mengonsumsi makanan serat

Makanan tinggi serat sangat baik untuk menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Berbagai jenis sayuran yang mengandung serat adalah terong, bayam, brokoli, kembang kol, alpukat, apel dan jenis sayuran lainnya.

  • Olaharaga secara teratur

Olahara selama 15 hingga 30 menit perhari dapat mengurangi kadar trigliserida secara teratur. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging dan senam.

  • Pilih jenis asupan lemak

Selain dapat menjaga kolesterol tubuh agar tetap stabil, memilih asupan lemak yang sehat juga dapat mencegah Anda dari trigliserida tinggi. Anda bisa memilih jenis makanan pengganti seperti minyak dari jagung, minyak kedelai, minyak canola, dan minyak zaitun.

  • Menghindari makanan tinggi gula

Gula menjadi sumber kalori yang sangat tinggi dalam tubuh, ketika kalori semakin tinggi maka tingkat trigliserida juga akan semakin tinggi. Namun bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi gula, tetapi batasi konsumsi gula dengan kata lain jangan berlebihan karena tetap diperlukan sebagai sumber cadangan energi.

  • Menjaga asupan karbohidrat tinggi

Mengonsumsi makanan karbohidrat tinggi secara berlebih bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang berpengaruh pada kadar trigliserida.

Itulah beberapa cara mmencegah trigliserida agar tidak naik dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Semakin dini pencegahan maka akan semakin besar pula Anda terhindar dari resiko trigliserida tinggi yang membahayakan.

Namun jika saat ini Anda memiliki kadar trigliserida yang tinggi ada baiknya segera lakukan penanganan sebelum sulit diatasi. Lakukan perubahan gaya hidup sehat dengan melakukan olahraga untuk menurunkan trigliserida tinggi secara teratur dan rutin. Juga konsumsi makanan yang sehat dan seimbang sebagai pendukung proses penyembuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *