Gejala Miom Membesar

Saat ini penyakit miom memang menjadi sebuah ancaman bagi setiap wanita. Miom adalah penyakit yang berupa bertumbuhan sel dimana menimbulkan benjolan di sekitar rahim. Penyakit ini dapat berkembang menjadi penyakit lain seperti tumor jinak.

Walaupun miom bersifat jinak atau tidak terlalu membahayakan, namun miom bisa tumbuh membesar sehingga bisa memicu timbulnya komplikasi yang membahayakan rahim.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk mengetahui makanan pemicu miom dapat tumbuh dan membesar sebelum terlambat. Ukuran, bentuk, dan lokasi penyakit miom memang sangat bervariasi. Penyakit miom mungkin muncul di dalam rahim,pada permukaan luar atau didalam temboknya atau melekat dengan struktur batang.Dimanapun letak miom yang jelas jika semakin membesar akan sangat membahayakan.

Lalu, apa saja gejala dan ciri ciri miom membesar?

1. Rasa tertekan dan nyeri panggul

Letak rahim yang sangat dekat dengan kandung kemih dan usus ketika ada miom yang tumbuh di rahim atau sekitarnya dan terus membesar maka penderita bisa merasakan tekanan yang kuat disertai rasa nyeri di sekitar panggul. Rasa tertekan dan nyeri pada bagian panggul bisa menyebabkan penderita merasa tidak nyaman.

2. Pendarahan berat saat menstruasi

Salah satu tanda miom membesar yang paling sering terjadi adalah pendarahan yang berat saat menstruasi dan adanya darah haid berwarna hitam pekat. Hal ini karena sel darah merah yang lebih cepat habis dan keluar dari tubuh.

3. Mengalami masalah pada kandung kemih

Masalah tersebut ditandai dengan sering buang air kecil, panas, atau rasa sakit. Beberapa juga bisa ditandai dengan keputihan yang berat jika ada pengaruh dari penyakit lain.

4. Sembelit

Miom yang sering tumbuh ke bagian belakang sering menekan usus besar. Hal ini menyebabkan usus besar tidak bekerja dengan baik sehingga terjadi sembelit. Rasa sembelit bisa menjadi lebih parah akibat tekanan yang besar pada sekitar kandung kemih dan rektum. Sembelit yang sering terjadi bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi sangat buruk.

5. Nyeri dan tekanan pada kaki

Miom yang membesar bisa menyebabkan tekanan pada bagian syaraf yang ada di bagian panggul hingga ke kaki. Hal ini akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan kemungkinan akan sering mengeluh dengan sakit kaki.

6. Sering merasa nyeri tiba tiba

Ketika miom membesar sebenarnya pembuluh darah yang bekerja untuk miom tidak bisa memberikan darah dan oksigen sesuai dengan kebutuhan jaringan ini. Kemudian ketika miom tidak mendapatkan makanan maka sel-sel dalam miom akan mati dan mulai melepaskan beberapa bahan kimia yang menyebabkan nyeri, sakit dan tertekan.

7. Sakit saat berhubungan intim

Penyebabnya adalah ukuran miom yang semakin besar juga bisa mengganggu rahim berkontraksi ketika berhubungan intim. Hal ini terkadang juga menyebabkan pendarahan setelah berhubungan intim dan buang air besar yang lebih sulit.

8. Perut bawah mengalami pembengkakan seperti orang hamil

Perut bagian bawah akan terlihat bengkak dan kemudian bisa menyebabkan perut tidak nyaman. Hal ini karena miom yang terus membesar bisa mempengaruhi ukuran rahim. Rahim juga akan ikut membesar sehingga penderita bisa terlihat seperti sedang hamil.

Itulah beberapa tanda miom mebesar yang harus Anda waspadai. Jika Anda mengalami gejala diatas sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Jika Anda sudah terdiagnosa menderita miom, segeralah melakukan pengobatan sebelum miom bertambah parah dan harus dioperasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *