Cara Mencegah Kista Ovarium

Lakukan-6-Cara-Mencegah-Kista-Ovarium-Sedini-Mungkin

Penyakit kista ovarium memang tergolong sebagai penyakit yang tidak berbahaya, namun jika dikaitkan dengan fungsi ovarium maka jelas penyakit ini tidak boleh disepelekan dan harus mendapatkan perhatian yang maksimal.

Sebagian besar kista memang tidak memperlihatkan gejala, namun umumnya kista dapat diketahui ketika penderita merasa bahwa perut bagian kanan atau kiri bawah mengalami pembesaran, susah buang air besar, sakit pada daerah panggul, saat menstruasi serta saat melakukan hubungan seksual.

Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas sebaiknya segera melakukan pengobatan.  Jika tidak maka resiko bahaya komplikasi akan mengintai Anda. Selama pengobatan Anda disarankan untuk menghindari dan mengetahui pantangan makanan kista ovarium agar cepat sembuh.

Lalu, bagaimana cara mencegah munculnya kista ovarium?

  • Menjaga asupan lemak

Bukan hanya makanan yang dilarang bagi penderita asma, makanan berlemak juga dapat menyebabkan terganggunya hormon pada wanita dan bisa meningkatkan kadar hormon kortisol. Hal inilah yang dapat mempengaruhi kista di bagian ovarium wanita.

  • Mengetahui riwayat kista dalam keluarga

Salah satu faktor penyebab kista adalah fatktor keturunan. Jika ibu atau nenek Anda memiliki riwayat kista, maka sangat mungkin Anda juga dapat menderita kista di kemudian hari. Oleh karena itu jika Anda memiliki riwayat kista, ada baiknya meminimalisir pemicu munculnya kista

  • Melakukan gaya hidup sehat

Lakukan gaya hidup yang sehat dengan olahraga dan istirahat yang cukup. Jangan pernah Anda malas berolahraga yang justru dapat memicu rentan terkena penyakit. Dengan rajin berolahraga dan istirahat cukup tentu metabolisme tubuh dan keseimbangan kesehatan fisik dan pikiran dapat terjaga.

  • Menjaga kesehatan area kewanitaan

Selain sebagai cara mencegah infeksi saluran kemih, menjaga kebersihan area kewanitaan, terutama saat sedang dalam siklus menstruasi sangat penting agar Anda terhindar dari penyakit kista ovarium.

  • Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Seperti sayuran dan buah-buahan untuk melawan radikal bebas. Buah dan sayur yang kaya akan antioksidan diantaranya buah berry, apel, anggur, jeruk, bit, wortel, tomat dan ubi jalar.

  • Setelah menikah, usahakan hamil segera

Bagi anda yang sudah menikah , segera mungkin mempunyai momongan untuk menghindari terjadinya pembentukan kista yang disebabkan oleh adanya frekuensi menstruasi dan aktivitas hormon.

Itulah beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penyakit kista.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *