Makanan Yang Baik Untuk Penderita Lipoma

Penyakit lipoma merupakan penyakit yang termasuk dalam kategori kanker jinak. Meskipun kadang tidak menimbulkan rasa sakit, benjolan ini bisa berbahaya dan dapat menyebar. Kebanyakan orang menyepelekan kasus lipoma ini, padahal jika terus dibiarkan dikhawatirkan dapat membahayakan penderitanya.

Lipoma bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, salah satunya di bagian leher. Namun tidak semua benjolan di leher menandakan penyakit lipoma, maka dari itu sebaiknya ketahui penyebab benjolan di leher lainnya selain lipoma.

Jika Anda menderita lipoma sebaiknya segera diobati. Selain pengobatan, hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan oleh penderita lipoma agar bisa cepat sembuh adalah makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, tidak semua makanan memberikan efek yang baik untuk pengobatan yang sedang Anda jalani.

Makanan Yang Baik dan Dianjurkan Untuk Penderita Lipoma

  • Makanan yang mengandung lemak baik

Minyak canola, minyak zaitu, almond, mackerel, biji rami, ikan tuna dan salmon merupakan makanan untuk membantu menyembuhkan lipoma. Hal itu karena makanan tersebut mengandung lemak sehat yang dapat memberikan nutrisi bagi penderita lipoma.

  • Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral bisa berasal dari buah-buahan dan sayuran. Selain dapat membantu dalam menghancurkan lemak lipoma, makanan ini juga sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, tulang, gigi dan kulit yang sehat.

Salah satu buah yang sangat dianjurkan adalah buah jeruk. Buah jeruk memiliki kandungan serat pembakar lemak dan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini dapat merangsang kemampuan pada tubuh untuk membakar lemak dan mempercepat proses terjadinya penipisan lemak serta kemudian membuangnya.

Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang tidak baik jika dikonsusmi penderita lipoma karena kandungan lemak tinggi yang terdapat didalamnya dapat membuat benjolan Anda tumbuh lebih besar. Diantaranya :

  • Produk olahan susu seperti es krim
  • Daging olahan
  • Susu
  • Dan gorengan

Makanan yang harus dihindari diatas juga menjadi pantangan bagia Anda setelah operasi lipoma. Sebaiknya hindari beberapa makanan tersebut agar resiko bahaya lipoma tidak terjadi.

Tips Mencegah Lipoma

Berikut beberapa hal yang bisa membantu mencegah terbentuknya lipoma:

  1. Perhatikan asupan makanan – Hindari memakan makanan seperti junk food, makanan berpemanis buatan, atau minuman bersoda karena dapat meningkatkan kolesterol tinggi dan memicu lipoma
  2. Ubah gaya hidup tidak sehat – Usahakan jangan malas berolahraga . Selain mencegah terbentuknya gumpalan lemak, dengan olahraga anda juga akan memiliki tubuh bugar secara menyeluruh.
  3. Detoksifikasi liver – Mengkonsumsi jus buah seperti perasan jeruk, jus apel atau bahkan menggunakan minuman yang terbuat dari ginseng.
  4. Perbanyak minum air putih – Air putih membantu mengeluarkan racun dalam tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *