Biaya Operasi Lipoma

Lipoma merupakan benjolan lemak yang biasanya muncul pada bagian beberapa tubuh seperti tangan, pundak, leher, paha, kepala dan punggung. Walau tidak sakit, lipoma ini dapat bergerak maupun bergeser saat jari menekannya secara pelan.

Biaya-Operasi-Lipoma-TERUPDATE-Tahun-2018,-Cek-Disini!

Sebetulnya pemicu lipoma sendiri belumlah diketahui secara jelas, namun ada beberapa faktor yang disinyalir menjadi penyebabnya yaitu genetik, usia, dan seseorang dengan riwayat penyakit sindron garner dan cowden.

Sebelum Anda meyakini bahwa benjolan yang anda derita tersebut penyakit lipoma, Anda bisa mengetahui beberapa gejala penyakit lipoma dibawah ini :

  • Memiliki ukuran berdiameter 5cm atau lebih
  • Bisa bergerak / berpindah tempat ketika di tekan
  • Benjolan yang sudah berukuran besar akan menimbulkan rasa sakit

Meski pada dasarnya lipoma ini tak membahayakan atau mengancam jiwa, Anda tetap perlu waspada bahaya lipoma ketika benjolan lipoma menjadi membesar dan menimbulkan rasa sakit.

Anda juga perlu waspada jika benjolan muncul di leher. Sebaiknya ketahui diagnosa dari dokter apakah benjolan tersebut lipoma atau bukan. Selain itu Anda juga disarankan untuk mengetahui penyebab benjolan dileher lainnya agar penanganannya tidak keliru.

Pengobatan Lipoma Dengan Operasi

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka kemungkinan cara pengobatan yang dapat dilakukan yaitu dengan tindakan operasi. Operasi hanya untuk yang mengalami infeksi atau perkembangan benjolan secara berkelanjutan. Ketika sudah terlalu besar, benjolan akan cukup mengganggu sehingga perlu untuk diangkat.

Prosedur yang biasa digunakan adalah :

  1. Liposuction
  2. Endoskop
Biaya-Operasi-Lipoma-TERUPDATE-Tahun-2018,-Cek-Disini!

Biaya Operasi Lipoma

Selain mengetahui dan mengenali metode dari prosedur operasi lipoma, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya operasi lipoma yang harus dikeluarkan.

Biaya melakukan operasi lipoma tentu berbeda-beda dan tergantung dari masing-masing pihak rumah sakit. Selain itu, biaya juga dipertimbangkan tergantung dari seberapa besar lipoma yang diderita, jika benjolan lipoma sudah tergolong besar maka biaya operasinya pun akan lebih besar dari biasanya.

Hanya saja, diperkirakan untuk biaya pembedahan lipoma, Anda perlu membayar sekitar Rp 20 juta yang bisa saja kurang atau lebih tentunya. Harga atau biaya operasi lipoma diatas belum lagi untuk biaya-biaya tambahan lainnya seperti biaya kamar, obat-obatan dan kebutuhan penyakit lipoma lainnya.

Terbilang mahal, memang ini menjadi salah satu risiko ketika mengambil jalan operasi. Semakin baik dan berkualitasnya rumah sakit yang Anda datangi, tentu harga pun pada umumnya akan terpengaruh juga.

Resiko dan Efek Samping Operasi Lipoma

Pada dasarnya setiap tindakan operasi memang dapat menimbulkan beberapa efek samping yang terkadang dapat membahayakan tak terkecuali pada operasi lipoma. Namun umumnya efek samping atau resiko selalu hadir pasca operasi dilakukan.

Salah satu yang paling cukup sering ditemukan pada beberapa kasus pasca operasi lipoma adalah efek samping berupa infeksi di dalam tubuh. Hal ini bisa terjadi karena ketika virus dan kuman menyebar di dalam tubuh lalu berkembang biak, akhirnya malah menjadi kanker berbahaya.

Setelah melakukan tindakan operasi ada baiknya Anda melakukan perawatan dengan menjaga asupan makanan. Anda disarankan untuk mengetahui makanan yang baik untuk penderita lipoma pasca operasi. Hindari juga beberapa pantangan lipoma seperti makanan berlemak tinggi.

Selain merupakan pantangan makanan radang tenggorokan, makanan berlemak juga dapat memicu benjolan lipoma tumbuh kembali. Oleh karena itu lakukan pencegahan sedini mungkin dan juga ubah pola hidu sehat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *