Pantangan Makanan Penderita Meningitis

Seperti yang telah diketahui meningitis merupakan penyakit yang menular. Penularannya sendiri dapat terjadi begitu cepat. Melakukan pengobatan yang tepat dan cepat merupakan langkah terbaik dalam mengatasinya.

Namun bukan hanya sebatas pengobatan saja, Anda juga diwajibkan dan harus selektif lagi ketika memilih asupan makanan. Pasalnya tidak semua jenis makanan dapat dikonsumsi, ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita meningitis.

Berikut beberapa makanan yang dilarang untuk penderita meningitis, diantaranya :

1. Makanan cepat saji

Hindari-5-Pantangan-Makanan-Penderita-Meningitis

Apapun jenisnya, baik makanan kaleng (sarden, korned, buah & sayur kemasan, dll), snack (makanan ringan), daging olahan seperti sosis, dan makanan atau minuman lainnya yang mengandung bahan pengawet kimia adalah berbahaya untuk penderita meningitis.

2. Makanan mentah

Hindari-5-Pantangan-Makanan-Penderita-Meningitis

Hindari untuk mengkonsumsi makanan mentah atau setengah matang, salah satunya adalah sushi. Bakteri yang ada di dalamnya bisa memperparah meningitis Anda.

3. Minuman beralkohol

Hindari-5-Pantangan-Makanan-Penderita-Meningitis

Selain tidak baik untuk penderita jantung koroner, alkohol juga sudah terbukti sangat tidak baik penderita radang selaput otak, hal itu disebabkan karena alkohol ini dapat merusak sel – sel saraf. Tentu saja dengan sel – sel saraf yang rusak akan semakin memperparah penyakit radang selaput otak Anda.

4. Makanan Pemicu Alergi

Hindari-5-Pantangan-Makanan-Penderita-Meningitis

Jika Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, misalnya seafood, telur, atau daging-dagingan, maka Anda sebaiknya tidak mengkonsumsinya.

5. Minuman berkarbonasiHindari-5-Pantangan-Makanan-Penderita-Meningitis

Selain memiliki kadar gula yang tinggi, minuman berkarbonasi seperti soda, minuman penambah energi, dan sejenisnya juga memiliki sifat karsinogen yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada meningitis.

Itulah beberapa makanan yang wajib dihindari oleh penderita meningitis. Selain menghindari beberapa makanan diatas, untuk membantu proses penyembuhan Anda perlu mengonsumsi beberapa makanan yang baik untuk penderita meningitis diantaranya :

  • Buah yang mengandung vitamin c (jeruk, jambu biji, wortel)
  • Asam lemak omega 3 (ikan salmon, telur, susu segar)
  • Makanan probiotik (yoghurt, tempe, kefir)Fitokimia (susu kedelai, tahu, tempe dan miso)

Cegah meningitis sedini mungkin, jika Anda tidak ingin terkena penyakit meningitis salah satu langkah terbaik dalam pencegahannya adalah dengan mengetahui makanan untuk meningkatkan fungsi otak. Selain dapat menyehatkan otak juga dapat meminimalisir resiko terkena gangguan masalah otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *