Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Hernia

Inilah-5-Gerakan-Olahraga-Yang-Cocok-Untuk-Penderita-Hernia

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik maupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan berolahraga secara rutin.

Berbeda jika Anda malas berolahraga, semakin jarang tubuh digerakkan maka kualitas kesehatan akan semakin menurun, sehingga Anda pun rentan terkena berbagai penyakit.

Bagi penderita hernia olahraga sendiri dapat dilakukan sebagai terapi penyembuhan hernia dan merupakan langkah terbaik yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi otot perut yang mengalami kelemahan fungsi.

Berikut diantaranya :

1. Jalan santai

Inilah-5-Gerakan-Olahraga-Yang-Cocok-Untuk-Penderita-Hernia

Jalan santai yang dilakukan dengan teratur dan rapi ternyata bisa menjaga otot perut tetap kencang dan kuat. Bahkan, jalan santai ini justru mampu membuat otot perut semakin kuat secara bertahap jika dilakukan secara rutin.

2. Meditasi dan pernafasan

Inilah-5-Gerakan-Olahraga-Yang-Cocok-Untuk-Penderita-Hernia

Dengan duduk bersila di sebuah tempat yang hening yang memiliki aroma ruangan yang harum, dan mencoba untuk memfokuskan pikiran kita kepada hal-hal yang menenangkan dan memusatkan pikiran pada sesuatu yang kreatif.

3. Bersepeda

Inilah-5-Gerakan-Olahraga-Yang-Cocok-Untuk-Penderita-Hernia

Bersepeda santai dipagi hari merupakan aktivitas yang menyehatkan dan menyenangkan karena bukan saja seluruh tubuh bergerak dan mendapatkan pergantian oksigen baru tetapi dapat meningkatkan kualitas kekuatan saraf saraf dan otot bagian perut.

4. Berenang

Inilah-5-Gerakan-Olahraga-Yang-Cocok-Untuk-Penderita-Hernia

Olahraga untuk penderita hernia yang selanjutnya ialah dengan berenang, penderita hernia yang melakukan renang terbukti aman karena berat air mampu mendesak dan menahan posisi buah zakar pada pria dan otot rahim pada wanita. Serta manfaat yang di dapat ialah meningkatkan sirkulasi darah di area perut dan menyebabkan organ perut tetap stabil.

5. Yoga

Inilah-5-Gerakan-Olahraga-Yang-Cocok-Untuk-Penderita-Hernia

Yoga merupakan olahraga yang menggunakan kestabilan, kelembutan dan keharmonisan gerakan yang bisa memperkuat otot perut agar hernia bisa disembuhkan atau mencegah agar kasus turun berok tidak kambuh kembali.

Ada beberapa yoga untuk hernia yaitu :

  • Gaya sarvangasana
  • Gaya halasana
  • Gaya sapta vajrasana
  • Gaya vipareetkarari mudra

Itulah beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan. Selain itu cara mengatasi hernia lainnya adalah dengan melakukan gerakan seperti :

  • Mengangkat dan meletakkan kaki pada dinding
  • Meremas dan menahan bantal
  • Sit-up
  • Menggunakan treadmill
  • Angkat kaki berulang ulang
  • Mengayuh kaki sambil terlentang

Beberapa olahraga dan gerakan diatas dipercaya sangat bagus dalam membantu proses penyembuhan atau mencegah hernia agar tidak kambuh lagi. Hindari beberapa latihan angkat beban yang merupakan olahraga penyebab hernia.

Anda juga disarankan untuk mengetahui dan mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita hernia agar penyembuhan berjalan lancar.

Lakukan juga perubahan gaya hidup sehat lainnya seperti istirahat yang cukup, minum air cukup dan hindari stress berlebih. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *