Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Menjaga asupan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Bukan hanya untuk sistem imun, makanan sehat juga sangat baik untuk mendukung kinerja semua organ tubuh, salah satunya otak.

9-Makanan-Untuk-Meningkatkan-Fungsi-dan-Kecerdasan-Otak-Anda

Otak merupakan organ vital manusia yang mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Jika otak mengalami gangguan maka akibatnya akan fatal.

Menjaga kesehatan otak adalah penting, untuk mengoptimalkan produktivitas otak Anda, Anda harus memasukkan jenis makanan ini ke dalam menu Anda sehari-hari, diantaranya :

  • Air

Semua fungsi tubuh tergantung pada air agar bisa berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak minum cukup air sepanjang hari untuk mengisi cairan yang hilang, otak Anda akan menanggung konsekuensinya. Tidak minum cukup air dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala.

  • Sayuran Daun Hijau Tua

Sayuran daun hijau tua seperti brokoli, kubis, bunga kol, dan bayam kaya akan vitamin B6, vitamin B12, dan folat yang merupakan zat gizi yang diperlukan untuk kesehatan otak. Sayuran-sayuran tersebut juga mengandung zat besi yang berperan mengurangi stress oksidatif.

  • Buah dari keluarga berry

Selain sebagai buah pencegah gagal ginjal, buah berry seperti stroberi, blueberry, mulberry, dan ceri merupakan makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Buah-buahan ini juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson di masa depan.

  • Ikan dan Makanan Laut

Ikan dan makanan laut juga sangat baik untuk otak. Makanan ini mengandung berbagai asam amino yang bertanggung jawab merangsang sekresi noradrenalin dan dopamin. Berbagai makanan laut juga dikenal sebagai makanan perangsang otak agar berkembang baik.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain sebagai makanan penurun kolesterol tinggi, penelitian telah menunjukkan bahwa kacang-kacangan dan biji-bijian juga adalah makanan untuk otak yang membantu Anda berkonsentrasi.

Tambahkan satu ons walnut, hazelnut, kacang Brasil, filberts, almond, kacang mete, kacang, biji bunga matahari, biji wijen, biji rami, dan mentega kacang unhydrogenated seperti selai kacang, mentega almond, dan tahini setiap harinya.

  • Yogurt

Yoghurt mengandung kalsium dan asam amino yang sangat baik bagi otak sehingga dikenal sebagai makanan untuk memperbaiki syaraf otak.

  • Buah-buahan tertentu lainnya

Buah bit, pisang dan alpukat merupakan buah yang bagus untuk otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa nitrat alami dalam bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan kinerja mental.

  • Gandum utuh

Oatmeal, beras merah, serta roti yang terbuat dari gandum utuh adalah yang terbaik karena menawarkan indeks glikemik rendah dan dapat meningkatkan kekuatan otak.

  • Cokelat hitam

Cokelat hitam tinggi akan flavonoid, yang merupakan antioksidan serta dapat meningatkan aliran darah memberikan lebih banyak oksigen ke otak Anda, yang mengarah pada peningkatkan produktivitas otak.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak Anda. Anda bisa menambahkan beberapa makanan diatas kedalam menu harian Anda.

Anda juga perlu menghindari beberapa makanan olahan, makanan berpengawet, makanan cepat saji, ikan tinggi merkuri karena merupakan makanan perusak otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *