Posisi Tidur Untuk Orang Asma

Asma merupakan salah satu gangguan dalam saluran pernafasan ditandai dengan rasa sesak hingga gagal nafas Asma bisa saja kambuh disaat panik, kecapekan, stres, alergi, atau bahkan tiba-tiba terjadi akibat satu hal yang tidak pasti.

Tentunya penyakit asma yang sifatnya kambuhan ini akan membuat penderitanya merasa risih dan tidak nyaman ketika hendak akan istirahat atau akan melakukan aktivitas tertentu. Jika Anda tidak ingin asma kambuh kapan saja , sebaiknya hindari dan ketahui makanan yang dilarang bagi penderita asma.

Asma paling sering kambuh pada waktu malam hari, salah satu faktor penyebabnya adalah posisi tidur yang tidak benar dan tidak nyaman sehingga menyebabkan asma kambuh.

Lalu bagaimana posisi tidur yang benar dan nyaman untuk penderita asma?

Jangan sampai Anda mengambil posisi terlentang. Posisi terlentang adalah posisi tidur yang dapatmemicu asma dan paling banyak ditemukan kasusnya. Posisi terlentang mengakibatkan adanya tekanan yang besar pada saluran penafasan, sehingga paru-paru mengalami kemunduran fungsi dan kemampuan, serta tidak dapat bekerja secara maksimal.

Posisi tidur yang benar adalah tinggikan posisi kepala Anda saat tidur, ini merupakan salah satu cara agar katup yang membatasi lambung dan esofagus tidak terbuka.

Posisi tidur seperti ini juga merupakan salah satu cara menghindari penyebab asam lambung naik, sehingga Anda dapat tidur dengan nyaman tanpa khawatir kambuh lagi.

Waspada asma dapat merenggut nyawa seseorang, hal itu jika asma tidak ditangani dan diobati dengan benar. Bahaya asma yang mungkin terjadi diantaranya iritasi atau radang tenggorokan, mudah mengalami kelelahan dan bronkitis.

Untuk menghindari resiko bahaya asma kambuh, berikut ada beberapa tips pertolongan pertama saat asma kambuh, yaitu :

  • Pada saat Anda menemui orang yang terkena serangan asma, hendaklah cari tempat yang nyaman
  • Usahakan posisi penderita dalam keadaan setengah duduk dengan pundak bersandar pada bantal atau tembok
  • Jangan sekali-kali diposisikan dalam posisi tidur karena akan makin mempersulit penderita untuk bernafas.
  • Penting juga untuk penolong agar tidak panik
  • Ajak juga penderita ngobrol, hal tersebut akan membantu kepulihan penderita dan juga mengurangi kepanikan penolong.
  • Pijit pada daerah syaraf paru-paru yang terletak di atas jempol kaki (sekitar 3-5 cm), tepat di daerah ruas antara jempol dan jari telunjuk kaki
  • Teknik pijitnya harus secara perlahan-lahan
  • Beri penderita minum air hangat. Akan membantu menghangatkan dada penderita dan membuat lebih enak bernafas.
  • Apabila usaha diatas telah dilakukan selama 15 menit belum menunjukkan kemajuan, segeralah bawa penderita kedokter terdekat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *