Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Asma

Hindari-7-Daftar-Makanan-Yang-Dilarang-Bagi-Penderita-Asma

Asma memang dapat menyerang penderitanya kapan pun dan dimanapun. Hal ini membuat penderitanya mengharuskan untuk tetap waspada ketika akan melakukan sesuatu.

Selain masalah udara dan alergi, penyebab asma juga bisa ditimbulkan karena makanan. Makanan merupakan sumber tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki dampak yang begitu besar bagi kesehatan. Namun ada beberapa makanan yang justru menjadi pantangan makanan penderita asma.

Pantangan Makanan Sakit Asma

  • Semua jenis buah kering

Pada dasarnya semua jenis buah kering diawetkan dengan berbagai bahan seperti kalium bisulfit, natrium sulfit dan juga bahan pemanis. Semua bahan ini bisa membuat selaput lendir di saluran pernafasan bekerja berlebihan. Akibatnya maka bisa menyebabkan sesak nafas dan paru-paru tidak bekerja dengan baik.

  • Kacang-kacangan
Hindari-7-Daftar-Makanan-Yang-Dilarang-Bagi-Penderita-Asma

Meskipun sangat baik untuk menjaga kolesterol tubuh agar tetap stabil, beberapa jenis kacang seperti kacang tanah, kacang mete, almond, kacang hijau, kedelai dan jenis kacang lain sangat tidak baik untuk penyakit asma karena bisa menyebabkan sesak nafas, rasa panas di perut, mual dan muntah.

  • Telur

Telur merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita sesak nafas atau asma selanjutnya. Reaksi cepat mengkonsumsi telur bisa menyebabkan kulit gatal dan panas, kulit keriput, sakit kepala, mual, muntah dan sesak nafas. Kemudian jika menderita asma maka reaksi alergi ini bisa menyebabkan serangan asma dan terkadang bisa menyebabkan kematian.

  • Semua jenis makanan asin

Garam bisa menyebabkan lendir dan cairan yang dihasilkan oleh saluran pernafasan menjadi lebih banyak. Kemudian garam juga bisa menyebabkan peradangan yang sangat cepat sehingga seketika penderita asma akan sulit untuk bernafas.

  • Makanan dengan lemak jenuh tinggi
Hindari-7-Daftar-Makanan-Yang-Dilarang-Bagi-Penderita-Asma

Beberapa jenis lemak jenuh yang dihindari termasuk lemak jenuh di ayam, daging sapi, jeroan, minyak nabati seperti minyak sawit dan minyak kelapa terhidrogenasi. Beberapa makanan tersebut selain dapat menyebabkan kolesterol tinggi juga dapat memicu asma kambuh.

  • Makanan cepat saji

Makanan yang menyebabkan asma selanjutnya adalam makanan cepat saji. Makanan ini terlalu banyak mengandung bahan pengawet, MSG, perasa makanan, zat aditif, dan juga garam yang akan membuat saluran pernafasan menjadi buruk.

  • Acar
Hindari-7-Daftar-Makanan-Yang-Dilarang-Bagi-Penderita-Asma

Acar merupakan salah satu penyebab asma kambuh. Acar dibuat dengan menggunakan beberapa jenis bumbu seperti cuka, garam, dan kecap. Sementara acar kemasan yang dibuat dipabrik mengandung bahan pengawet, pewarna dan juga gula pemanis yang dapat memicu kambuhnya asma.

Itulah beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asma. Untuk menghindari beberapa bahaya asma kambuh ada baiknya Anda mengetahui cara menjaga kesehatan pernafasan agar tidak terkena penyakit asma.

Sedangkan untuk membantu proses penyembuhan asma, Anda sebaiknya mengonsumsi beberapa makanan yang baik bagi penderita asma seperti bayam, yoghurt, jahe, madu, alpukat, dan bawang putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *