Cara Memelihara Kesehatan Pernafasan

Organ pernafasan manusia memiliki peran penting dalam menunjang keberlangsungan hidup manusia. Tanpa bernafas manusia tidak bisa hidup. Untuk itu penting bagi kita agar bisa menjaga kesehatannya.

Organ-organ pernapasan manusia terdiri dari hidung, faring, laring, trakea, dan paru-paru. Beberapa bagian tersebut akan rentan terkena penyakit jika sistem kekebalan tubuh kita lemah.

Terdapat banyak masalah atau gangguan pernafasan yang biasanya terjadi, diantaranya :

  1. Asma
  2. Batuk
  3. Bronkitis
  4. ISPA
  5. Flu
  6. Difteri
  7. Radang paru-paru
  8. Dan penyakit lainnya.

Sebaiknya Anda perlu waspada, jangan sampai Anda mengalami gangguan pernafasan baru Anda menyesal.

7-Cara-Memelihara-Kesehatan-Pernafasan-Yang-Baik-dan-Benar

Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Alat Pernafasan

  • Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga lingkungan tetap bersih dan bebas dari polusi udara wajib dilakukan, karena lingkungan yang bersih sangat mempengaruhi nilai kesehatan yang terkandung dalam udara yang kita hirup setiap hari.

  • Berolahraga secara teratur

Joging, senam, bersepeda, atau berenang bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru untuk menghirup dan menahan udara lebih lama. Jangan sampai Anda malas berolahraga karena dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar sehingga nutrisi bagi sel-sel, jaringan, dan organ tubuh sangat kurang.

  • Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Saat tidur, tubuh akan mengembalikan dan merehabilitasi kerja semua sel-sel tubuh, termasuk jaringan yang menghasilkan sel-sel kekebalan tubuh. Anda disarankan untuk tidur minimal 7-8 jam dalam sehari.

  • Memperbanyak ventilasi udara di dalam ruangan

Ventilasi udara sangat penting dalam pertukaran udara di dalam ruangan, karena jika pertukaran udara sangat sedikit maka udara segar yang kita hirup pun akan semakin sedikit.

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Cukupi kebutuhan buah dan sayuran harian Anda. Karena sayur dan buah merupakan sumber antioksidan terbesar yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab masalah kesehatan.

  • Menggunakan masker saat bepergian menggunakan sepeda motor

Selain sebagai cara mencegah penyakit TBC, menggunaan masker juga merupakan salah satu pencegahan terbaik agar udara kotor tidak masuk ke dalam paru-paru.

  • Tidak merokok

Merokok merupakan salah satu pemicu utama timbulnya berbagai macam penyakit pada paru-paru. Ada ribuan toksin dalam rokok yang bisa tertinggal dalam paru-paru, maka dari itu Anda disarankan untuk menghindari asap rokok dan kebiasaan merokok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *