Penyebab Batuk Kering

Waspadai-5-Penyebab-Batuk-Kering-Yang-Membandel

Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dengan adanya produksi lendir atau dahak. Batuk ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan menganggu kegiatan sehari-hari. Belum lagi suara batuk yang dapat menganggu orang-orang di sekitar Anda.

Penyebab batuk kering pada anak maupun orang dewasa yang paling sering terjadi adalah akibat infeksi virus yang dapat mengiritasi tenggorokan dan sekitarnya. Akibatnya rasa gatal menggelitik di tenggorokan dan muncul batuk.

Berikut beberapa penyebab terjadinya batuk kering yang harus Anda waspadai, diantaranya :

  • ‚ÄĆInfeksi virus

Batuk kering akibat virus ini mungkin terjadi pada awal penyakit atau pada pertengahan dan di akhir infeksi. Jika tidak ada komplikasi, batuk kering akibat virus ini akan sembuh antara 2-3 minggu.

  • Polusi udara

Seperti asap kendaraan dan asap rokok dapat menjadi penyebab batuk kering. Jika reaksinya tergolong ringan, maka batuk terjadi sesekali saja, namun ketika terlanjur parah, batuk-batuk akan terus terjadi meskipun udara yang dihirup sudah bersih.

  • Alergi

Ciri batuk kering akibat alergi yang khas adalah ketika batuk tersebut muncul saat tubuh terpapar zat alergen seperti udara dingin, bulu binatang dan sari bunga.

  • Masalah saraf dan stress

Saat stress dan cemas, pernafasan menjadi dangkal, rasa tak bebas untuk bernafas, tenggorokan terasa tidak nyaman dan ini bisa memicu refleks batuk. Batuk tersebut adalah cara alami untuk mengatasi situasi tidak nyaman tersebut.

  • Refluks asam lambung

Asam lambung yang berlebihan dan naik keatas kerongkongan akan menyebabkan iritasi dan rasa tidak nyaman sehingga keluhan batuk pun muncul. Jika dibiarkan begitu saja, maka dapat memicu maag kronis.

Maka dari itu Anda perlu mengetahui penyebab asam lambung naik sejak dini, untuk menghindari resiko terkena batuk yang menganggu dan menghindari resiko bahayanya.

Jika batuk kering terus menerus dan masih bertahan lama selama lebih dari 3 minggu, maka kondisi tersebut dapat dipicu akibat penyakit tertentu, seperti asma, penyakit jantung, tbc, paru paru dan kanker. Jika terus dibiarkan bahaya batuk kering akibat penyakit tersebut dapat berakibat fatal dan mengancam kesehatan penderitanya.

Cara Mengatasi Batu Kering Yang Membandel

Waspadai-5-Penyebab-Batuk-Kering-Yang-Membandel

Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis dengan campuran kecap. Anda perlu campurkan dulu beberapa ml air perasan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis. Untuk Anda yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis dapat dicampur dengan menggunakan madu.

Selain dengan cara ini, alternatif lain mengobati batuk kering dengan jeruk nipis bisa Anda lakukan dengan memberi jeruk nipis kapur sirih dan gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *