Pantangan Makanan Tbc Tulang

6-Pantangan-Makanan-Tbc-Tulang-Yang-Harus-Anda-Hindari

Penyakit tbc bukan hanya menyerang organ paru paru saja namun juga dapat menyerang tulang bagian belakang yang ada di area toraks atau dada belakang, bagian bawah, serta pinggang belakang bagian atas.

Kondisi tersebut tentunya tidak boleh disepelekan begitu saja, sebab jika tidak segera diobati maka segmen atau subbagian tulang belakang akan rapuh dan mengakibatkan terjadinya kelumpuhan di satu atau keuda kaki.

Proses penyembuhan penyakit tbc tulang ini tidak hanya dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan saja, namun juga perlu diimbangi dengan konsumsi asupan makanan yang tepat. Pasalnya beberapa makanan yang wajib dihindari bagi penderita tbc, karena justru malah dapat memperparah kondisi tbc.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Tbc Tulang

  • Acar
6-Pantangan-Makanan-Tbc-Tulang-Yang-Harus-Anda-Hindari

Acar adalah makanan yang mengandung kadar natrium yang sangat tinggi. Selain tidak baik untuk penderita asma, acar juga tidak baik untuk penderita tbc tulang.

  • Ikan asin
6-Pantangan-Makanan-Tbc-Tulang-Yang-Harus-Anda-Hindari

Ikan asin mengandung zat nitrosamin yang mampu menyebabkan bakteri penyebab tbc semakin berkembang.

  • Makanan dan minuman berpengawet tinggi
6-Pantangan-Makanan-Tbc-Tulang-Yang-Harus-Anda-Hindari

Zat pengawet yang masuk kedalam tubuh dapat melemahkan daya tahan tubuh penderita, sedangkan tubuh memerlukan imunitas untuk melawan infeksi bakteri.

  • Jauhi makanan dan minuman yang mengandung alkohol
  • Hindari mengonsumsi saus
  • Jauhi konsumsi gula halus atau gula olahan

Itulah beberapa makanan yang dilarang untuk penderita tbc tulang. Makanan diatas juga tidak baik untuk penderita radang paru-paru dan kesehatan jantung Anda. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin, mineral dan nutrisi yang bukan hanya membantu Anda melawan bakteri tapi juga membantu Anda dalam memulihkan kondisi tubuh dan stamina.

Ada beberapa makanan untuk tbc tulang belakang yang baik dan sehat dikonsumsi, diantaranya yaitu :

  1. Susu rendah lemak
  2. Buah untuk tbc tulang seperti apel, naga dan anggur
  3. Sayuran hijau
  4. Madu
  5. Daging rendah lemak
  6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Selain itu pastikan penderita mendapatkan cukup pancaran dari sinar matahari setiap hari khususnya pada pagi hari antara jam 7-9. Sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan tulang dan dikenal dapat membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Jika Anda tidak ingin tertular penyakit tbc, ada baiknya Anda mengetahui cara mencegah penyakit tbc sedini mungkin sebelum terlambat. Semakin dini pencegahan maka akan semakin besar pula peluang terhindar dari resiko bahaya penyakit tbc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *