Khasiat Jahe Untuk Batuk Berdahak

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Meminum teh jahe dipercaya dapat membantu mengatasi batuk dan juga meredakan dahak yang sedang Anda alami. Kemampuan dari ramuan tersebut memang sudah tidak diragukan lagi karena sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak dulu.

Khasiat-Jahe-Untuk-Batuk-Berdahak-Dan-Cara-Pengolahannya

Batuk berdahak adalah kondisi umum yang sering terjadi. Penyebab batuk berdahak sendiri adalah akibat peradangan, polusi udara, infeksi saluran nafas, flu, dan asam lambung yang naik.

Sama seperti halnya manfaat temulawak, selain sering di jadikan sebagai bumbu masak, jahe juga tak jarang di manfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa permasalahan kesehatan seperti mengatasi gangguan pencernaan hingga batuk.

Kandungan Yang Terdapat Dalam Jahe

Jahe mengandung banyak sekali zat aktif yang sangat berguna bagi tubuh Anda. Adapun beberapa zat atau senyawa tersebut adalah seperti phenol, zingiberol, shogol, zingil berene, dan juga minyak astri yang sangat berguna untuk membantu meredakan batuk berdahak yang Anda alami.

  1. Phenol – zat yang mempunyai efek antiradang atau anti – inflamasi yang dapat berfungsi untuk membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada tenggorokan maupun juga saluran pernapasan.
  2. Zingiberel maupun juga shogol – merupakan suatu zat yang merupakan zat yang bersifat antioksidan.
  3. Minyak astri – bermanfaat untuk membasmi bakteri serta mencegah anda terkena peradangan.

Jahe juga sangat dipercaya untuk membantu menghangatkan badan. Oleh karena itu, orang yang mengalami demam atau pilek, maka ia akan disarankan untuk meminum ramuan yang menggunakan jahe sebagai salah satu bahan campurannya karena jahe akan memberikan efek hangat pada tubuh.

Jahe juga mampu menekan reaksi alergi pada saluran pernapasan, karena mengandung antihitamin yang telah terbukti secara efektif dalam menyembuhkan asma dan juga bronkitis. Bahkan apabila anda menambahkan garam ke jahe dapat meningktakan potensi obat tradisional ini dalam mengeluarkan lendir di dalam tenggorokan dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Cara Membuat Obat Batuk Dari Jahe

Khasiat-Jahe-Untuk-Batuk-Berdahak-Dan-Cara-Pengolahannya
  • Siapkan jahe, madu, lemon dan air
  • Kupas jahe, lalu cuci bersih. Setelah itu, iris sesuai selera dan sisihkan
  • Parut buah lemon dan sisihkan
  • Didihkan air dan masukan jahe dan parutan lemon dan biarkan selama 5 menit
  • Setelah itu, saring dan campurkan dengan madu. Tambahkan pula sedikit perasan air lemon ke dalamnya
  • Aduk sampaimerata dan biarkan hingga dingin
  • Minum secara teratur agar Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan jahe sebagai obat tradisional batuk dengan cara membuat teh jahe. Anda cukup menambahkan beberapa potong jahe ke dalam teh panas yang baru di seduh. Cara ini inipun terbilang cukup ampuh dalam mengatasi batuk dan juga pilek.

Agar batuk Anda tidak kambuh lagi, sebaiknya segera ketahui penyebab batuk kering dan berdahak kambuh. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat membantu Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *