Cara Mencegah Penyakit TBC

Penyakit TBC merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Maka dari itu penyakit ini tergolong berbahaya dan dapat menular dengan cepat. Siapapun bisa terkena penyakit ini terlebih bagi mereka dengan kondisi sistem kekebalan tubuh yang lemah.

6-Cara-Mencegah-Penyakit-TBC-Agar-Tidak-Mudah-Tertular

Penyakit TBC disebabakn oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang dapat hidup selama berbulan-bulan lamanya di tempat yang sejuk dan gelap terutama jika tempat tersebut lembab.

Waspadai penularan bakteri penyebab tbc, bakteri dapat menyebar ketika penderita mengeluarkan dahak atau cairan liur dari mulutnya melalui udara misalnya saat batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, meludah atau bahkan tertawa.

Pencegahan Penularan Penyakit TBC

Penularan penyakit tbc dapat dicegah dengan cara mulai menjaga kesehatan serta menerapkan pola hidup yang sehat seperti :

  • Mengonsumsi makanan yang sehat

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan daging tanpa lemak, Anda juga harus menghindari makanan kurang sehat seperti makanan dengan kadar lemak dan gula berlebih.

  • Olahraga secara rutin dan teratur

Selain sebagai cara menjaga kesehatan hati, olahraga juga dapat mencegah tbc. Dengan berolahraga secara rutin tubuh Anda akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang cukup kuat dalam menangkan beberapa penyakit yang akan menyerang.

  • Menghindari kontak langsung
6-Cara-Mencegah-Penyakit-TBC-Agar-Tidak-Mudah-Tertular

Karena penyakit tbc dapat menular dengan cepat maka kita harus menghindari kontak langsung dengan orang tersebut namun bukan berarti menghindari orangnya. Cara pencegahan yang tepat adalah dengan menggunakan masker.

  • Menjaga pola hidup sehat

Mengonsumi makanan bergizi, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan dan minum cukup air putih adalah pola hidup yang sehat. Hindari juga kebiasaan merokok serta minuman beralkohol.

  • Mengetahui jika Anda beresiko

Kita wajib mengetahui apakah kita berisiko mengidap penyakit ini atau tidak. Berikut daftar orang yang memiliki kemungkinan mengidap penyakit ini adalah :

  1. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah (HIV/AIDS)
  2. Orang yang hidup bersama penderita tbc
  3. Orang yang tinggal di tempat terbatas seperti panti
  4. Para pecandu narkoba dan alkohol
  • Vaksinasi BCG

Vaksin ini digunakan untuk mencegah penyakit tbc yang terbilang cukup efektif, jadi pastikan Anda sudah tervaksin BCG.

Jika Anda memiliki penyakit TBC, sebaiknya segera diobati jangan ditularkan kepada orang lain, terutama kepada orang yang ada di sekitar. Jangan meludah sembarangan dan hindari udara dingin.

Penyakit Tbc yang dibiarkan tanpa pengobatan maka bakteri penyebab tbc akan mudah menyebar ke organ tubuh lainnya, dan menimbulkan komplikasi penyakit seperti meningitis, kerusakan tulang dan sendi, kerusakan jantung, ganguan ginjal dan radang pleura.

Jika kondisi tbc Anda sudah membaik ada baiknya Anda melakukan cara mencegah tbc kambuh lagi dengan jemur tempat tidur penderita TBC di panas matahari langsung untuk menghindari kembali hidupnya bakteri di tempat tidur tersebut. Kemudian tingkatkan kekebalan tubuh dengan konsumsi cukup makanan yang seimbang dan pola hidup sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *