Tanda Tanda Liver Bermasalah

Mengingat fungsi liver atau hati yang sangat penting dalam tubuh kita, maka organ ini sangat rentan mengalami gangguan atau kerusakan. Liver berfungsi untuk menyaring dan membuang racun dan sisa metabolisme yang dibutuhkan dari tubuh kita, sehingga tubuh senantiasa sehat dan lebih kuat dalam menangkal radikal bebas.

Penyebab liver rusak itu sendiri diakibatkan oleh berbagai macam, salah satunya gaya hidup yang tidak sehat dan kurang berolahraga. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi gejala awal kerusakan liver ini jarang disadari, baru setelah masuk dalam tahap yang lebih parah gejala dapat muncul dengan jelas.

7-Tanda-Tanda-Liver-Bermasalah,-Ketahui-Sebelum-Terlambat!

Ciri Ciri Liver Anda Rusak Dan Bermasalah

1. Sakit perut

Karena proses pencernaan didukung oleh organ liver, jadi saat liver bermasalah ini akan memicu rasa sakit di perut. Rasa sakit di perut memang bervariasi, namun pada kasus ini, perut Anda akan terasa begitu mulas seperti hendak buang air besar. Perut akan mengalami rasa sakit yang cukup hebat sehingga Anda akan merasa tidak nyaman.

2. Mengalami pembengkakan di kaki dan tangan

Pembengkakan di kaki dan tangan bukan hanya sebagai gejala awal gagal ginjal namun juga pertanda kerusakan hati yang cukup serius. Pembengkakan disebabkan karena jaringan tubuh mendapatkan penumpukan cairan yang berlebihan. Biasanya pembengkakan tidak menimbulkan rasa sakit hanya kurang nyaman saja.

3. Sensitivitas kulit menjadi meningkat

Masalah pada kulit akan muncul di mana ini dimulai dari adanya gatal-gatal, kemudian muncul kemerahan serta menonjolnya urat-urat yang nampak. Jika Anda memerhatikan kondisi kulit sedetil itu, Anda bisa mencegah penyakit liver apapun sedini mungkin.

4. Kulit dan putih mata menjadi kuning

Awalnya kulit tidak akan langsung berubah menjadi kuning tapi seperti pucat kecoklatan kemudian menguning. Bahkan bagian putih mata juga akan mulai berubah menjadi lebih kuning. Ini menandakan bahwa kadar bilirubin dalam hati sangat tinggi.

5. Merasa mudah lelah

7-Tanda-Tanda-Liver-Bermasalah,-Ketahui-Sebelum-Terlambat!

Seseorang akan mengalami mudah lelah meskipun tidak banyak beraktivitas. Pada saat liver tidak mampu lagi untuk menjalankan fungsinya dengan maksimal, maka racun akan menyebar ke darah beserta jaringan otot ataupun organ lainnya sehingga metabolisme akan mengalami hambatan dan mengakibatkan mudah kelelahan.

6. Kadar trombosit rendah

Akibat kerusakan hati selanjutnya adalah produksi trombosit akan sangat rendah. Trombosit memiliki fungsi yang sangat penting untuk mencegah pendarahan. Ketika kadar trombosit sangat rendah maka tubuh akan terasa tidak nyaman dengan gejala seperti demam, tubuh lemah, rasa tidak nyaman saat bernafas dan berbagai gangguan imunitas.

7. Berat badan naik

Ketika liver tak bisa menyaring dan mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh, maka terjadi penumpukan racun di sel-sel lemak. Sehingga membuat berat badan naik dan susah dikontrol.

Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas maka ada baiknya Anda segera pergi ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Karena jika dibiarkan begitu saja, maka bukan tidak mungkin bahaya penyakit liver akan mengintai Anda, dan mendekatkan Anda pada kematian.

Agar Anda terhindar dari beberapa masalah gangguan hati, maka sebaiknya Anda mengetahui cara menjaga kesehatan hati, agar hati Anda tetap terlindungi dan terhindar dari resiko bahaya yang dapat mengancam keselamatan jiwa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *