Manfaat Temulawak

Temulawak, atau curcuma javanica, adalah salah satu tanaman obat asli Indonesia. Temulawak berbentuk akar dan rimpang (batangnya berada di bawah tanah) dan tumbuh di daerah dengan ketinggian 5 – 750 meter di atas permukaan laut.

15-Manfaat-Temulawak-Untuk-Kesehatan-Yang-Jarang-Diketahui

Temulawak sangat familiar di tengah-tengah masyarakat indonesia khususnya para penggemar jamu tradisional. Meskipun begitu, tak banyak yang mengetahui ragam manfaat temulawak kecuali hanya sebatas pengetahuan yang bersifat umum saja.

Temulawak mengandung Kurkumin, kurkuminoid, P-toluilmetilkarbinol , mineral, seskuiterpen d-kamper, minyak atsiri, karbohidrat, protein, Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Besi, Mangan (Mn), dan Kadmium. Dengan kandungan sebanyak itu, tak heran temu lawak digunakan sebagai obat-obatan untuk penyakit.

Berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan secara umum , diantaranya :

  • Membantu menurunkan lemak darah

Zat kurkumaid diduga berperan dalam menurunkan lemak darah, yang tentu saja berdampak baik pada kesehatan jantung dan berdampak baik sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

  • Memelihara fungsi hati

Katagoga dalam temulawak memiliki khasiat menjaga kesehatan fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu.

  • Mengurangi radang sendi

Kandungan kurkumin dalam temulawak sama dengan 100 mg fenibutazon yang dapat menyembuhkan radang sendi dan nyeri. Cara kerjanya yakni dengan melakukan penghambatan perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin.

  • Mencegah kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya mampu memproteksi tubuh dari berbagai serangan penyakit kanker dan menghindarkan Anda dari pertumbuhan sel yang abnormal.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan zat dalam temulawak diketahui mampu merangsang produksi empedu yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Tak ayal, temulawak mampu membantu penderita yang mengalami berbagai gangguan pencernaan, termasuk kembung, gas dan dyspepsia.

  • Meningkatkan fungsi ginjal

Temulawak juga, mampu membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah dari racun dan sia-sia metabolisme tubuh sehingga dapat mencegah penyakit gagal ginjal.

  • Membantu meredakan kelelahan otot

Manfaat temulawak selanjutnya yaitu dapat meringkankan kelelahan otot terutama bagi orang-orang yang aktif bekerja dan berolahraga yang berat. Bagi Anda yang merupakan seorang pekerja berat dan olahragawan, sangat dianjurkan untuk meminum ramuan dengan cmapuran temulawak didalamnya.

  • Sebagai antioksidan

Dalam temulawak terdapat kandungan antioksidan yang mampu menghambat proses oksidasi terhadap molekul lainnya. Antioksidan juga berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya kanker payudara pada wanita , mencegah alzheimer (pikun), kardiavaskular (penyakit jantung) dan mengurangi gejala radang paru paru.

  • Menambah nafus makan

Bagi Anda yang mengalami masalah pada nafsu makan, mengkonsumsi temulawak dapat menjadi solusinya

Adapun beberapa manfaat lainnya yaitu :

  • Mencegah darah kotor
  • Melancarkan haid
  • Meningkatkan mood
  • Mencegah insomnia
  • Melancarkan asi, bagi ibu menyusui

Selain beberapa manfaat diatas, temulawak juga sangat bagus untuk kecantikan kulit lho. Manfaat temulawak untuk kecantikan yaitu dapat mengatasi jerawat membersihkan komedo, dan sebagai bahan dasar kosmetik. Selain temulawak Anda juga wajib mengetahui manfaat cuka apel untuk wajah yang sangat ampuh dan dapat menjaga kesehatan kulit wajah Anda.

Penggunaan temulawak memang harus dilakukan dengan tepat, temulawak mungkin tidak aman bila digunakan dalam jumlah besar atau untuk jangka waktu yang lama. Hal itu dapat menyebabkan iritasi lambung dan mual. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar dosisnya jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *