Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Liver

Penyakit liver tidak hanya terjadi akibat infeksi virus dan bakteri, namun juga akibat pola hidup yang tidak sehat. Ketika hati mengalami gangguan maka kinerja fungsi hatipun akan terganggu dan efeknya akan membahayakan tubuh.

10-Makanan-Sehat-Dan-Aman-Untuk-Penderita-Penyakit-Liver

Banyak penderita yang mengeluhkan penyembuhan penyakit liver, hal tersebut karena pengobatan yang tidak tepat. Pada saat menjalani pengobatan penderita kerap mengeluhkan gejala liver yang kambuh kembali meskipun dinyatakan telah sembuh sebelumnya.

Salah satu faktor penyebabnya adalah akibat tidak menjaga asupan makanan, mereka tidak tahu apa saja makanan yang harus dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi. Maka dari itu simak penjelasan berikut mengenai beberapa makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita liver.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Liver

1. Sayuran hijau tertentu10-Makanan-Sehat-Dan-Aman-Untuk-Penderita-Penyakit-Liver

Kale, brussels sprouts, dandelion dan kol adalah sayuran hijau yang baik untuk penderita liver. Sayuran tersebut mengandung sulfur yang sangat efektif dalam mendetoksifikasi hati serta menstimulasi produksi empedu hati sehingga juga mencegah terjadinya batu empedu.

2. Tanaman laut

Contohnya adalah arame, nori, kombu, wakame, hijiki, dulse, agar dan kelp. Tanaman laut ini membantu hati dalam mencegah logam dari terserap oleh tubuh Anda.

3. Lemak sehat

Anda dapat menemukan lemak yang sehat di produk alami seperti flax seeds, hemp seeds, chia seeds, minyak kelapa, olive oil dan alpukat. Makanan tersebut mengandung lemak yang sehat seperti lemak tak jenuh dan monosaturated fat. Sumber yang paling kaya akan asam lemak omega-3 adalah dari makanan hasil laut.

4. Makanan fermentasi

10-Makanan-Sehat-Dan-Aman-Untuk-Penderita-Penyakit-Liver

Makanan fermentasi seperti yoghurt, acar, sup miso, kimchi dan tofu adalah makanan sehat selanjutnya. Hal ini disebabkan karena senyawa kimia yang ada dalam makanan yang difermentasi sudah dipecah, sehingga memudahkan hati untuk mencernanya. Selain itu, makanan fermentasi juga dapat menambahkan mikroorganisme dalam perut dan dapat membantu pencernaan.

5. Biji-bijian

Protein dan enzim dari kecambah membantu meningkatkan pertahanan hati terhadap racun. Selain itu, mereka juga memiliki zat kimia yang mencegah kanker.

6. Buah-buahan tertentu

Buah-buahan ceri seperti stroberi, raspberi dan cranberi mengandung anthocyanin dan polyphenols, yang telah terbukti menghambat perkembangan sel kanker di hati. Selain itu, mereka juga kaya antioksidan yang membantu dalam menyembuhkan infeksi saluran kemih dan jenis infeksi lainnya.

7. Teh Hijau

10-Makanan-Sehat-Dan-Aman-Untuk-Penderita-Penyakit-Liver

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Jenis antioksidan yang ada dalam teh hijau yaitu catechi, yang telah teruji dan memiliki manfaat untuk menghilangkan akumulasi lemak dalam liver. Teh hijau juga dapat melindungi hati terhadap racun sehingga tidak terjadi kerusakan serius pada hati.

8. Pare

Pare sangat bagus dalam mengeluarkan racun, membersihkan liver dan untuk mencegah terjadinya penyakit kanker liver.

9. Bawang Putih

10-Makanan-Sehat-Dan-Aman-Untuk-Penderita-Penyakit-Liver

Kandungan sulfur yang ada di dalam bawang putih merupakan senyawa yang dapat mengaktifkan enzim dalam hati yang berfungsi untuk membilas racun dari tubuh. Selain sulfur, bawang putih juga mengandung selenium dan allicin yang terbukti dapat melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh racun.

10. Rempah-rempah

Rempah dapat dibuat menjadi teh atau sebagai bumbu dan kaya akan zat-zat pendetoksifikasi anti peradangan, antiviral dan antimikrobial.

Selain mengetahui beberapa makanan yang sangat dianjurkan Anda juga perlu mengetahui beberapa pantangan makanan untuk penderita penyakit liver, diantaranya:

  • Buah-buahan seperti durian, nanas, nangka dan anggur
  • Daging sapi, kambing dan ayam
  • Seafood seperti udang, cumi, kepiting dan kerang
  • Minuman dalam kemasan dan beralkohol

Mengetahui beberapa makanan yang baik dan tidak baik dikonsumsi untuk liver adalah langkah tepat dalam mendukung proses penyembuhan yang cepat. Anda juga disarankan untuk mengetahui cara menjaga kesehatan hati, agar setelah proses pemulihan hati akan tetap terlindungi dari berbagai gangguan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *