Cara Menjaga Kesehatan Hati

8-Tips-Cara-Menjaga-Kesehatan-Hati-Anda-Secara-Alami

Hati atau liver merupakan organ vital tubuh yang sangat penting peranannya. Letak hati berada di rongga perut kanan bagian atas, tepat di bawah rusuk bagian kanan. Jika liver mengalami kerusakan, maka secara otomatis sistem tubuh kita juga akan mengalami penurunan.

Hati merupakan pertahanan hidup dan berperan pada hampir setiap fungsi metabolisme tubuh. Hati mempunyai kapasitas cadangan yang besar dan fungsi jaringan untuk mempertahankan tubuh. Ia juga memiliki kemampuan regenerasi yang mengagumkan.

Hati memiliki berbagai macam fungsi seperti :

  1. Sebagai pelindung tubuh dan ‘mesin’ pembuangan racun (detoksifikasi)
  2. Sebagai pengolah vitamin dan imunitas tubuh
  3. Membantu membersihkan darah serta menyingkirkan berbagai macam bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh
  4. Menghasilkan empedu yang nantinya sangat berguna untuk membantu memecahkan lemak dari makanan yang masuk ke dalam tubuh
  5. Menyimpan glukosa (gula) yang nantinya dapat memberikan dorongan energi apabila diperlukan tubuh

Mengingat akan pentingnya fungsi hati maka kita perlu mengetahui beberapa cara menguatkan liver agar tidak terganggu dalam menjalankan fungsinya.

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Organ Liver (Hati)

  • Vaksinasi
8-Tips-Cara-Menjaga-Kesehatan-Hati-Anda-Secara-Alami

Melakukan vaksinasi merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan hati dan mencegah berbagai penyakit hati seperti hepatitis. Seperti yang telah diketahui hepatitis merupakan penyakit menular dan penularannya begitu cepat, dengan melakukan vaksinasi sejak dini maka resiko terkena penularanpun akan semakin kecil.

  • Olahraga secara teratur

Berolahraga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk untuk hati karena dapat mengurangi lemak hati dan menyembuhkan pengapuran tulang. Olahraga secara teratur jika bisa setiap hari atau paling tidak seminggu sekali.

  • Mengonsumsi makanan sehat

Makanan pembersih hati diantaranya kacang merah, kacang hijau, bawang merah, kembang kol, kubis, sawi hijau, asparagus dan beras merah.

  • Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan dapat berbahaya karena meningkatkan resiko terkena hati berlemak. Dengan menjaga berat badan maka dapat mengurangi lemak secara keseluruhan termasuk lemak hati.

  • Konsumsi cukup air putih
8-Tips-Cara-Menjaga-Kesehatan-Hati-Anda-Secara-Alami

Air dapat membantu menghilangkan racun dan melakukan proses penyerapan terhadap nutrisi penting. Meminum air dalam jumlah yang diperlukan juga dapat membantu menghilangkan efek samping selama pengobatan atau terapi.

  • Hindari minuman beralkohol

Minuman berakohol dapat merusak sel hati dan juga tidak baik untuk kesehatan. Banyak terjadi kasus koma sampai meninggal dunia akibat over dosis minuman keras dan terlebih lagi oplosan. Jadi lebih baik jangan mencoba minuman beralkohol karena tidak ada baiknya.

  • Hindari konsumsi obat-obatan jangka panjang

Konsumsi obat-obatan secara berlebihan dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan hati yang permanen. Obat-obatan yang umumnya dapat merusak hati adalah asetaminofen (obat demam), statin dan niasin (obat kolesterol), nitrofurantoin, tetrasiklin dan isoniazid (antibiotik), dan metotreksat (obat antikanker).

  • Hindari bahan kimia yang membahayakan

Bahan kimia seperti karbon tetraklorida dan vinil klorida dapat menyebabkan kanker hati. Bahan kimia lain yakni kloroform, yang dulu digunakan sebagai bahan pembius, sekarang sudah dilarang karena juga dapat merusak sel hati.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari beberapa gangguan penyakit hati. Seperti kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain itu Anda perlu juga mengetahui tanda tanda liver bermasalah agar Anda dapat melakukan pengobatan dengan cepat dan terhindar dari resiko penyakit hati yang membahayakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *