Menjaga Kolesterol Tubuh Agar Tetap Stabil

Dalam kadar yang seimbang, kolesterol memang diperlukan oleh tubuh. Kolesterol sendiri merupakan sebuah lemak yang memberikan asupan energi untuk semua sel didalam tubuh Anda, yang bisa dihasiklan oleh makanan.

8-Cara-Menjaga-Kolesterol-Tubuh-Agar-Tetap-Stabil-&-Normal

Ada dua jenis kategori kolesterol, yaitu kolesterol jahat yang tidak dibutuhkan tubuh serta kolesterol baik yang mempunyai dampak positif. Kolesterol yang masih dalam tahap normal berfungsi sebagai penyusun struktur membran sel, melindungi kulit dari racun dan masalah kekeringan yang terjadi pada tubuh serta berfungsi sebagai pembentuk vitamin D.

Berapa seharusnya kadar kolesterol normal dalam tubuh?

Kadar kolesterol dalam darah setidaknya diukur sekali setiap 5 tahun pada setiap orang yang berusia diatas 20 tahun. Berikut batasan kolesterol normal adalah :

  • Pada anak adalah >170mg/dl
  • Pada orang dewasa adalah 200 mg/dl

Tips Menjaga Agar Kadar Kolesterol Tetap Normal

Ada beberapa cara agar Anda terhindar dari kolesterol tinggi dan menjaga kadar kolesterol agar tetap normal diantaranya :

1. Menjaga berat badan agar tetap ideal

Kelebihan berat badan atau besitas juga menjadi penyebab munculnya resistensi insulin yang merupakan suatu keadaan tubuh yang tidak bisa menggunakan hormon insulin dalam tubuh dengan benar. Resistensi insulin dapat menjadi penyebab naiknya kadar kolesterol dalam tubuh dan bisa menyebabkan diabetes.

2. Menghindari kebiasaan merokok

8-Cara-Menjaga-Kolesterol-Tubuh-Agar-Tetap-Stabil-&-Normal

Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arter atau endothelium semakin rusak. Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik, dan diwaktu yang bersamaan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selain itu perokok juga dapat mengalami palpitasi jantung , radang paru-paru, radang selaput dada yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka.

3. Berolahraga secara rutin

Banyak ahli yang mengungkapkan bahwa dengan berolahraga sekitar 40-60 menit dalam setiap harinya akan membantu dalam menurunkan kolesterol jahat 5-10% dan dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh sekitar 3-6%.

4. Menghindari minuman beralkohol

Konsumsi alkohol yang normal terdiri dari 1-2 gelas per hari untuk pria dan satu gelas untuk wanita. Namun jika melebihi jumlah ini kemungkinan tubuh dapat menyimpan lemak dan secara tidak langsung meningkatkan kadar kolesterol.

5. Hindari stress berlebih

Stress yang menganggu pikiran ini ternyata bisa menjadi salah satu cikal bakal Anda terkena berbagai penyakit. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin mengalami berbagai penyakit termasuk kolesterol tinggi disarankan untuk mengurangi stress.

6. Istirahat yang cukup

8-Cara-Menjaga-Kolesterol-Tubuh-Agar-Tetap-Stabil-&-Normal

Anda disarankan untuk memiliki waktu tidur yang cukup minimal 8 jam setiap harinya sehingga tubuh bisa memiliki kadar kolesterol yang rendah

7. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan juga perlu diperhatikan, mulailah kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans karena kurang baik bagi tubuh. Selain itu juga hindari konsumsi daging, gorengan, dan berbagai produk olahan susu secara berlebihan.

8. Konsumsi makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat terbukti dapat menyerap kolesterol dengan baik. Disarankan Anda mengonsumsi makanan seperti jenis kacang-kacangan, sayuran, gandum dan juga buah-buahan.

Selain dengan melakukan kegiatan diatas, Anda juga perlu mengetahui penyebab kolesterol tinggi di usia muda tidak stabil sejak dini agar resiko terkena dampak bahaya kolesterol tinggi akan semakin kecil.  Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *