Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Masalah kolesterol tinggi dalam tubuh memang tak asing didengar. Meskipun sebenarnya kolesterol sangat diperlukan manusia untuk membangun dinding sel dan membuat hormon, namun jika kadarnya terlalu tinggi malah dapat membahayakan tubuh.

10-Makanan-Penurun-Kolesterol-Tinggi-Terbukti-Super-Cepat

Banyak cara yang penderita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi mereka, karena jika tidak dikendalikan bisa memicu strok atau bahkan serangan jantung. Selama pengobatan tentunya Anda perlu merubah pola hidup Anda, tak hanya itu Anda perlu juga memperhatikan beberapa asupan makanan apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi.

Karena jika salah dalam mengonsumsi makanan, bukan tidak mungkin kadar kolesterol akan semakin naik dan semakin sulit disembuhkan. Untuk itu Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat serta dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi Anda.

Makanan Yang Baik Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

  • Beras merah
10-Makanan-Penurun-Kolesterol-Tinggi-Terbukti-Super-Cepat

Beras merah mengandung vitamin B, selenium, magnesium, dan fitonutrien yang mampu membantu menurunkan kadar lemak serta gula dalam darah.

  • Bayam

Bayam berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah serta menurunkan kadar kolesterol.

  • Buncis

Buncis merupakan sayuran rendah lemak dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita penyakit gula atau resistensi insulin.

  • Kedelai
10-Makanan-Penurun-Kolesterol-Tinggi-Terbukti-Super-Cepat

Kedelai dan olahan lainnya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget dan susu kedelai mengandung isoflavin yang berfungsi untuk menekan kolesterol jahat agar tidak berkembang.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, dan kacang panjang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol tinggi.

  • Ikan omega 3

Ikan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan kembung, sarden, tuna, trout, makarel dan salmon mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan baik untuk kesehatan jantung serta menekan pembekuan darah.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun yang penuh dengan lemak tak jenuh ini sangat baik untuk tubuh dan mampu menurunkan kolesterol jahat

  • Bawang putih

Bawang putih mampu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan dapat melindungi tubuh dari infeksi.

  • Buah-buahan
10-Makanan-Penurun-Kolesterol-Tinggi-Terbukti-Super-Cepat

Apel, alpukat, pir, berries, anggur, pepaya, jambu biji dan jeruk merupakan jus buah penurun kolesterol tinggi paling ampuh.

  • Gandum

Gandum adalah sebuah serela yang memiliki nilai gizi yang baik untuk bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah serta dapat mengatur kadar gula yang ada didalam darah.

Selain dengan mengonsumsi beberapa makanan diatas, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan pantangan kolesterol tinggi seperti makanan berlemak, makanan dalam kemasan, makanan instan, junk food, kafein serta alkoho.

Melakukan olahraga juga sangat penting, jangan lupa juga konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Lakukan pemeriksaan rutin jika Anda sudah melakukan kegiatan diatas secara rutin. Nah, jika kadar kolesterol sudah dalam kadar normal, sebaiknya Anda mengetahui cara menjaga kolesterol tubuh agar tetap stabil . Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *