Gejala Kolesterol Tinggi

Usia 30 tahun keatas merupakan usia yang sangat rentan terserang berbagai penyakit termasuk kolesterol tinggi. Hal ini diakibatkan oleh pola makan yang tidak benar.

Waspada!-11-Tanda-Atau-Gejala-Anda-Punya-Kolesterol-Tinggi

Dalam tubuh manusia kolesterol tersebar dalam bagian-bagian tubuh tertentu seperti kulit otot, saraf, otak dan juga jantung. Pada keadaan yang normal seseorang mempunyai kadar kolesterol 160-200 mg dan dapat dikatakan dalam fase yang berbahaya apabila melebihi 240 mg karena dapat memicu STROKE.

Kadar kolesterol tinggi akan semakin naik jika Anda tidak menghindari beberapa penyebab kadar kolesterol tinggi seperti mengonsumsi makanan sembarangan, malas berolahraga dan tidak menjaga berat badan.

Ciri Ciri Atau Tanda Kolesterol Tinggi Yang Harus Diwaspadai

  1. Nyeri dada
  2. Sakit kaki atau tangan
  3. Kesulitan saat bernafas
  4. Otot kaki lemah
  5. Nyeri leher dan punggung
  6. Sakit kepala
  7. Kehilangan keseimbangan
  8. Emosi tidak stabil
  9. Mual dan muntah
  10. Sering kesemutan
  11. Mudah merasa lelah

Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pengobatan serta perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Untuk membantu penyembuhan Anda juga disarankan untuk mengetahui beberapa makanan penurun kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi.

Bahaya Kolesterol Tinggi Jika Terus Dibiarkan!

Karena jika terus dibiarkan maka kolesterol akan mengendap pada dinding arteri sehingga aliran darah di jantung, otak dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Dengan kata lain kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko terkena ateroklerosis, penggumpalan darah, stroke dan serangan jantung.

Kadar kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan (angina) ketika seseorang mengalami stress atau melakukan kegiatan fisik yang berat.

Kolesterol yang sangat tinggi juga dapat menyebabkan gangguan fungsi empedu dan meningkatkan Anda mengalami resiko batu empedu. Selain itu resiko terkena gangguan usus juga akan semakin besar.

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbanga adalah sebuah langkah utama yang bisa dilakukan dalam mengatasi kolesterol tinggi. Kandungan lemak dalam makanan juga harus rendah.

Cobalah ganti konsumsi makanan dengan kandunga lemak lemak jenuh dnegn buah-buahan dan sayuran serta biji bijian utuh. Dengan begitu kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap rendah. Jangan lupa imbangi juga dengan olahraga rutin dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *