Gejala Tipes Pada Anak

Kenali-7-Gejala-Tipes-Pada-Anak-Yang-Harus-Diwaspadai

Gejala tipes bisa datang secara tiba-tiba ataupun secara bertahap. Jika tidak segera diobati diperkirakan 1 dari 5 orang bisa meninggal karena komplikasi tipes. Siapapun bisa terkena penyakit ini, namun biasanya lebih rentan terjadi pada anak-anak.

Tipes disebabkan oleh bakteri salmonella typhi, bakteri ini bisa berdiam di dalam air atau makanan. Selain makanan atau minuman yang kurang bersih, penyakit ini bisa disebabkan oleh sanitasi yang buruk.

Setelah Anda menelan bakteri penyebab tipes yang terdapat pada makanan atau minuman, bakteri akan dibawa oleh sel darah putih ke hati, limpa dan sumsum tulang kemudian menginfeksi organ tersebut.

Lalu Apa Saja Gejala Tipes Yang Terjadi Pada Anak?

Umumnya gejala tipes pada bayi, anak maupun orang dewasa adalah sama. Gejala dapat muncul secara bertahap dalam 1-3 minggu setelah tubuh terinfeksi bakteri.

Berikut beberapa gejalanya yaitu :

  • Demam tinggi
  • Sakit perut dan bisa disertai dengan diare berkepanjangan
  • Merasa lemah, lelah dan tubuh pegal-pegal
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Sembelit
  • Kehilangan nafsu makan hingga berat badan menurun drastis

Jika anak Anda mengalami beberapa gejala diatas ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya. Jika benar-benar terdiagnosis tipes maka ada baiknya segera lakukan pengobatan.

Perawatan Tipes

Untuk memaksimalkan proses penyembuhan , Anda disarankan untuk mengetahui beberapa pantangan makanan sakit tipes yang sebaiknya harus dihindari.

Kenali-7-Gejala-Tipes-Pada-Anak-Yang-Harus-Diwaspadai

Memberikan ramuan herbal alami juga sangat penting untuk mendukung proses pemulihan tipes. Anda bisa menggunakan madu yang dimasukan ke dalam teh hangat sebanyak 1-2 sendok makan. Madu ini bersifat menenangkan usus yang teriritasi dan melindungi saluran pencernaan. Namun hindari memberikan madu pada anak usia dibawah satu tahun karena berisiko menyebabkan botulisme.

Biasanya pasien akan pulih setelah menjalani perawatan selama 3-5 hari. Namun, untuk memastikan pemulihan sepenuhnya, pasien akan diminta meneruskan perawatan di rumah sakit lebih lama.

Hal yang paling penting untuk mencegah tipes pada anak adalah dengan menjaga kebersihan termasuk kebersihan diri sendiri, kebersihan makanan dan minuman, serta kebersihan lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *