Makanan Sumber Vitamin K

Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. Fungsi utamanya adalah sebagai vitamin pembeku darah, membentuk tulang yang padat dan kuat dan juga mencegah penyakit jantung. untuk itulah vitamin K ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

15-Daftar-Makanan-Sumber-Vitamin-K-Tinggi-Dan-Manfaatnya

Ada tiga jenis vitamin K yaitu filoquinon, menaquinon dan menadion. Semua orang membutuhkan vitamin K termasuk untuk bayi hingga orang lanjut usia. Walaupun semua tingkat usia membutuhkan vitamin K, tetapi pasokannya tidak sama dan tergantung pada seberapa usianya. Kebutuhan vitamin K pada orang dewasa setiap harinya hanya sekitar 90-120 mcg, sedangkan untuk anak-anak sekitar 60 mcg.

Makanan Yang Mengandung Vitamin K

  • Daun bayam (480 mcg/125 ml)

Kandungan vitamin K dalam bayam mampu menjaga pertumbuhan tulang, mempertahankan sel dan menjaga kesehatan pencernaan. Bayam juga mengandung kalsium, magnesium, zat besi, folat, riboflavin, vitamin C dan vitamin A.

  • Kedelai (50 mcg/125 ml)

Selain mengandung vitamin K, kedelai juga merupakan sumber protein yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga pertumbuhan tubuh dan sumber energi yang tak terkalahkan. Kedelai juga mengandung fitestrogen yang sangat baik untuk menjaga sistem keseimbangan hormon wanita.

  • Sawi hijau (480 mcg/125 ml)

Selain kaya akan vitamin K, sawi hijau juga mengandung nutrisi vitamin A, karoten, flavonoid dan juga antioksidan yang sangat baik untuk mendukung penyerapan nutrisi, menurunkan kolesterol tinggi, dan mencegah osteoporosis.

  • Kale (550 mcg/125 ml)

Kale memiliki daun hijau yang hampir sama dengan sawi namun bagian pinggir daunnya berkerut-kerut. Kale tidak mengandung lemak, namun kaya serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kale juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk pembentukan enzim dalam tubuh, peembentukan hemoglobin dan mamu mencukupi kebutuhan oksigen serta mencegah penyakit liver .

  • Peterseli (520 mcg/125 ml)

Daun peterseli mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, B12, C dan K yang berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan berbagai keluhan saraf , menjaga kesehatan janin dan menghambat pertumbuhan jaringan tumor pada lipoma .

  • Bit root (350 mcg/125 ml)

Bit mengandung fosfor, seng, serat, vitamin B6, kalium, magnesium, mangan dan lemak dalam jumlah sedikit sehingga sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan memelihara kesehatan tubuh.

  • Lobak hijau (250 mcg/125 ml)

Lobak hijau memiliki tekstur yang renyah dan agak pahit karena tingginya kalsium. Lobak hijau sangat bagus untuk mencegah kanker payudara, paru, ovarium dan kanker prostat.

  • Daun bawang (210 mcg/250 ml)

Vitamin K dalam daun bawang sangat penting untuk proses pembekuan darah, mencegah infeksi dan menangkis semua bahaya radikal bebas. Daun bawang juga mengandung flavonois sebagai sumber antioksidan yang dapat mencegah semua jenis kanker dan tumor.

Selain beberapa makanan diatas, makanan lain yang mengandung vitamin K tinggi adalah brokoli, asparagus, minyak ikan, kentang, kembang kol, selada, buah plum, blueberry, alpukat, anggur, dan kiwi.

Mencukupi kebutuhan harian vitamin K memang perlu diperhatikan, pasalnya orang yang kekurangan vitamin k cenderung memiliki memar dan pendarahan. Namun jika kelebihan vitamin K yang berasal dari makanan maka akan disimpan di dalam organ hati untuk digunakan jika tubuh Anda memerlukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *