Penularan Gondongan

Ketahui-Cara-Penularan-Gondongan-Agar-Tidak-Mudah-Tertular!

Gondongan merupakan salah satu penyakit menular yang sering menyerang anak. Virus yang menyebabkan gondongan biasanya menginfeksi kelenjar parotid (kelenjar ludah), sehingga kelenjar ludah membengkak.

Karena disebabkan oleh virus, maka gondongan bisa menular. Virus yang membuat kelenjar parotid mengalami pembengkakan adalah jenis virus dari keluarga paramyxovirus.

Saat virus penyebab gondongan masuk ke dalam tubuh, virus bergerak dari saluran pernapasan (hidung, mulut dan tenggorokan) ke kelenjar air liur parotis, lalu tumbuh dan berkembang biak disana. Proses ini menyebabkan kelenjar parotis menjadi bengkak sehingga terlihat membesar.

Virus ini juga bisa memasuki cairan serebrospinal (CSF), yang merupakan cairan yang mengelilingi dan melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Selain memasuki CSF (cerberospinal fluid), virus ini bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti otak, pankreas, testikel (anak laki-laki dan pria) dan ovarium (pada anak perempuan dan wanita).

Lalu, Bagaimana Cara Penularan Penyakit Gondongan ?

  1. Melalui batuk atau bersin dari penderita, dan melepaskan tetesan kecil air liut yang terkontaminasi, virus akan menyebar kepada siapa saja yang menghirup tetesan air liur tersebut
  2. Memakai peralatan makan bersama seperti cangkir, sendok atau piring dengan orang yang terinfeksi
  3. Berbagi makanan dan minuman dengan seseorang yang terinfeksi
  4. Penderita gondongan menyentuh mulut atau hidung nya sendiri, maka tangannya akan membawa virus penyebab gondongan, otomatis tangannya tersebut akan di pakai untuk memegang banyak benda.

Tidak semua orang yang terinfeksi oleh virus Paramyxovirus mengalami keluhan, bahkan sekitar 30-40% penderita tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

Gejala gondongan biasanya muncul 2-3 minggu setelah masuknya virus dan mirip dengan gejala flu biasa seperti pegal-pegal, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, kelelahan, dan demam.

Gejala terkait lainnya dapat meliputi:

  • Nyeri saat menelan
  • Kesulitan menelan
  • Mulut kering
  • Nyeri sendi

Hampir semua anak yang menderita gondongan akan pulih total tanpa penyulit, tetapi kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu. Keadaan seperti ini dapat menimbulkan komplikasi, dimana virus dapat menyerang organ selain kelenjar liur.

Untuk menghindari resiko bahaya tersebut ada baiknya Anda mencegah gondongan sejak dini dimulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *