Pantangan Makanan Penderita Vertigo

Vertigo dapat kambuh kapanpun dan dimanapun. Hal ini tentu akan menganggu aktivitas seseorang karena umumnya baru bisa mereda setelah beberapa jam. Sensasi yang dirasakan oleh penderita vertigo adalah melihat seolah-olah semua hal bergoyang atau berputar dengan drastis.

15-Pantangan-Makanan-Yang-Wajib-Dihindari-Penderita-Vertigo

Rasa berputar itupun disertai rasa sakit kepala yang teramat. Untuk itu, perlu perawatan juga dengan pencegahan dengan menghindari pantangan makanan bagi penderita vertigo agar gejala tidak mudah kambuh dan tidak berlangsung lama.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Vertigo Yang Wajib Dihindari

  • Makanan bersantan

Makanan bersantan seperti masakan padang, nasi uduk, dan rendang memang memiliki cita rasa yang nikmat memanjakan lidah. Namun kandungan lemak yang tinggi pada makanan bersantan dapat memicu kolesterol di tubuh Anda sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Terlebih pada penderita vertigo yang ada justru malah memicu vertigo kambuh secara mendadak.

  • Buah-buahan tertentu

Buah-buahan seperti durian dan nangka sangat tidak dianjurkan untuk penderita vertigo. Buah tersebut mengandung kadar gas dan gula yang tinggi yang dapat merusak lambung dan memicu vertigo kambuh.

  • Makanan yang terlalu manis

Makanan manis seperti donat, permen, manisan, coklat, sirup mengandung kadar gula tinggi yang dapat membuat metabolisme tubuh mengalami perlambatan, hal ini menyebabkan peredaran darah terhambat dan pasokan oksigen ke seluruh terlambat. Kurangnya pasokan oksigen dapat menyebabkan vertigo kambuh.

  • Jeroan

Jeroan mengandung kadar kolesterol yang sangat tinggi, kelebihan lemak akibat kolesterol akan membuat aliran darah di dalam otak jadi kental. Jika darah di otak sudah mengental, maka akan timbul keluhan seperti sakit kepala, pusing yang akhirnya akan menyebabkan vertigo Anda kambuh kembali.

  • Makanan yang digoreng

Mengonsumsi makanan yang diproses dengan cara digoreng seperti ayam goreng, ikan gorengan dan cemilan gorengan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol yang tidak dapat dicerna oleh tubuh maka akan menumpuk pada pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan yang meningkatkan risiko kambuhnya penyakit vertigo.

  • Daging

Mengonsumsi daging secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan dapat memicu terjadinya penyakit vertigo.

  • Kafein dan Alkohol

Konsumsi kafein seperti kopi, teh dan coklat dan alkohol dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga memicu kambuhnya vertigo.

  • Makanan cepat saji

Mengonsumsi makanan cepat saji dapat menyebabkan menurunnya sistem imun tubuh, meningkatkan kadar kolesterol tinggi, kadar gula dalam darah karena kandungan kolesterol dan natriumnya yang sangat tinggi.

  • Makanan kaleng

Makanan tersebut mengandung berbagai zat yang tidak sehat seperti zat pengawet, zat pewarna dan zat perasa buatan. Zat tersebutlah yang dapat memicu vertigo Anda kambuh kembali.

  • Nasi olahan

Berbagai nasi olahan seperti nasi uduk dan nasi kuning biasanya menggunakan bahan dan bumbu-bumbu tambahan seperti santan, garam dan penyedap lainnya yang tidak baik untuk penderita vertigo.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari agar vertigo tidak kambuh. Selain itu Anda juga perlu menghindari konsumsi telur secara berlebihan, mie instan, minuman es, makanan yang terlalu asin, makanan pedas serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *