Gejala Penyakit Diabetes

Menderita diabetes memang mengharuskan Anda untuk tetap memperhatikan dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka bukan tidak mungkin penderita diabetes akan mengalami berbagai komplikasi kesehatan yang buruk.

Waspadai-8-Gejala-Penyakit-Diabetes-Dan-Cara-Pencegahannya

Diabetes merupakan suatu kondisi dimana tingginya kadar gula dalam tubuh yang disebabkan karena sel tubuh tidak mampu merespon insulin dengan baik atau kurangnya produksi insulin.

Ada beberapa faktor penyebab penyakit diabetes yang harus diketahui, diantaranya yaitu :

  1. Faktor keturunan
  2. Obesitas
  3. Memiliki tekanan darah tinggi
  4. Memiliki kadar kolesterol yang tinggi
  5. Kurang berolahraga
  6. Mengalami masalah kesehatan yang terkait dengan hormon
  7. Memiliki riwayat penyakit jantung

Namun berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan kasus diabetes yang dialami disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti semabarangan mengonsumsi makanan, kurang aktif bergerak dan tidak menjaga berat badan.

Tanda Dan Gejala Penyakit Diabetes Yang Perlu Anda Waspadai

Karena gejalanya yang mirip dengan kondisi sakit biasa, maka banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka pengidap penyakit diabetes ini dan bahkan sudah mengarah pada komplikasi. Berikut beberapa gejala diabetes dianataranya :

  • Sering merasa haus dan buang air kecil

Buang air kecil yang berlebihan merupakan reaksi tubuh akibat kadar gula dalam darah yang tinggi. Kemudian tubuh dirangsang untuk mengeluarkan kelebihan kadar gula tersebut melalui ginjl bersama air kencing.

Sedangkan rasa haus terjadi akibat dari terlalu banyak mengeluarkan urin serta usaha tubuh untuk menghindari kekurangan cairan/dehidrasi.

  • Nafsu makan menjadi meningkat

Akibat pankreas yang tidak lagi menghasilkan insulin dengan sempurna untuk menetralkan kadar gula dalam darah, tubuh Anda akan terbiasa mengalami kondisi gula yang tinggi sehingga ketika kadar gula yang tinggi mulai berkurang di tubuh Anda, maka secara otomatis tubuh akan memibta asupan gula lebih banyak lagi dan akhirnya gula akan semakin tinggi.

  • Menurunnya berat badan secara drastis

Turunnya berat badan disebabkan karena dibuangnya sebagian gula dalam darah ke sistem ginjal melalui urine. Padahal gula dalam darah merupakan hasil pencernaan pada makanan di dalam lambung. Akibatnya berapapun jumlah makanan yang dimakan akan sia-sia selama insulin tidak mampu menyalurkan gula sebagai sumber energi bagi tubuh.

  • Kesemutan atau mati rasa

Rasa kesemutan dan kebas pada bagian tubuh seperti kaki, jari jemari, dan tangan adalah tanda diabetes yang menunjukan kondisi masuk stadium lanjut. Hal tersebut terjadi akibat kerusakan syaraf.

  • Kulit terasa gatal

Kondisi diabetes dapat menyebabkan kekurangan cairan yang akan membuat kulit menjadi lebih kering. Reaksi yang paling sering terjadi adalah kulit terasa sangat gatal, kemudian Anda menjadi lebih mudah menggaruk dan bisa menimbulkan luka. Umumnya bagian tubuh yang terasa gatal sering terjadi pada bagian sela-sela jari kaki dan tangan.

  • Luka menjadi sulit untuk sembuh

Jika terjadi luka, penyembuhannya akan sangat lama. Hal tersebut karena berkurangnya suplai darah akibat menyempitnya pembuluh darah.

  • Gangguan penglihatan

Kadar glukosa yang semakin meningkat menyebabkan cairan pembuluh darah terbatasi untuk masuk ke mata. Keadaan yang demikian bahkan bisa membuat lensa mata berubah bentuk.

  • Disfungsi ereksi

Hal ini terjadi karena kerusakan sel saraf akibat diabetes. Diabetes dapat mengakibatkan terganggunya sistem aliran darah di sekitar sel-sel syaraf seperti pada ginjal dan alat kelamin. Jika tidak segera ditangani maka dapat menganggu keharmonisan rumah tangga.

Perlu diwaspadai jika Anda mengalami beberapa gejala diatas. Sebaiknya segera lakukan pengobatan sebelum bertambah parah dan sulit disembuhkan. Karena jika dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan beberapa komplikasi penyakit berbahaya seperti penyakit kardiovaskular, penyakit gagal ginjal, gangguan kehamilan dan kerusakan syaraf.

Untuk mencegah beberapa bahaya tersebut, ada baiknya Anda melakukan pencegahan. Berikut beberapa tips mencegah penyakit diabetes :

  1. Mengonsumsi makanan sehat
  2. Berolahraga secara teratur
  3. Berhenti kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol
  4. Menjaga berat badan agar tetap ideal
  5. Hindari stress
  6. Istirat yang cukup dan teratur

Itulah beberapa tips cara mencegah penyakit diabetes sejak dini dengan mudah dan efektif. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *