Akibat Malas Berolahraga

Memiliki tubuh yang selalu sehat dan fresh merupakan harapan bagi semua orang, salah satu caranya adalah dengan berolahraga secara rutin dan menjalani gaya hidup sehat. Jangan sampai Anda ingin sehat tapi jarang atau malas melakukan aktivitas fisik berolahraga.

10-Dampak-Buruk-Akibat-Malas-Berolahraga-Yang-Mengerikan

Kebiasaan malas dalam berolahraga merupakan tindakan yang tidak baik. Bahkan menurut sebuah penelitian menunjukan bahwa dampak jangka panjang dari tidak pernah berolahraga tidak kalah bahayanya dengan kebiasaan merokok.

Kesibukan dalam bekerja merupakan alasan paling umum pada beberapa kasus orang yang jarang berolahraga. Anggapan mereka mengenai olahraga memang penting untuk tubuh, namun jika dibandingkan dengan kesibukannya saat ini, masih kalah penting.

Untuk menghilngkan perspektif tersebut, maka Anda perlu mengetahui dengan jelas bahwa ternyata ada beberapa bahaya yang mengancam diri akibat jarang melakukan olahraga. Simak penjelasannya berikut ini!

Dampak Buruk Akibat Malas Berolahraga Yang Harus Diwaspadai

1. Rentan terkena penyakit

Malas berolahraga dapat menurunkan kinerja sel darah putih yang memiliki fungsi dalam melawan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Bukan hanya sola imunitas tubuh yang melemah tetapi juga penyakit-penyakit dapat munyerang karena penumpukan lemak akibat tubuh yang jarang bergerak.

2. Meningkatkan resiko penuaan dini

Penuaan akan datang lebih cepat bagi orang yang malas berolahraga. Tubuh, otot, dan tulang jika tidak dilatih akan melemah dan tidak akan bekerja maksimal seiring dengan pertambahan usia. Berbeda dengan melakukan olahraga rutin, mereka akan terlihat lebih sehat dan membuatnya tidak cepat tua atau keriput.

3. Metabolisme lambat

Kecepatan metabolisme tubuh akan melambat jika tubuh kurang olahraga, sehingga kita makin malas bergerak dan tidak berenergi. Salah satu akibat melambatnya metabolisme tubuh, kita akan lebih gampang gemuk dan berisiko terkena penyakit.

4. Gangguan jantung

Jika Anda malas berolahraga, kemungkinan Anda mengalami peningkatan kolesterol yang tinggi. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan Anda mengalami resiko penyakit jantung yang berbahaya.

5. Hipertensi

Jika jantung mengalami gangguan, maka kinerja jantung dalam memompa darah akan semakin lemah dan kekuatan arteri ataupun tekanan darah menjadi lebih rendah ataupun tinggi.

6. Mengalami osteoporosis

Mereka yang jarang melakukan olahraga sama saja tidak melestarikan kepadatan tulang seiring dengan usianya yang bertambah. Jika kepadatan tulang tidak dijaga, maka berbagai penyakit tulang akan semakin mudah menyerang, salah satunya osteoporosis.

7. Memicu depresi

Dampak malas berolahraga yang lainnya adalah kecenderungan depresi. Perasaan tertekan dan khawatir akan terus menghantui jika Anda tidak melakukan olahraga.

8. Berat badan tidak terkontrol

Orang yang malas berolahraga akan membuat lemak dalm tubuhnya terus menumpuk sehingga meningkatkan berat badan.

9. Berdampak pada distribusi cairan limpa

Tidak seperti darah yang memiliki jantung sebagai pemompanya, limpa sangat bergantung pada gerakan otot untuk bisa didistribusikan ke berbagai jaringan tubuh. Padahal cairan limpa yang diproduksi oleh suatu kelenjar tanpa saluran ini merupakan bagian dari sistem imun atau kekebalan tubuh. Dampaknya tentu saja kekebalan tubuh akan menurun, sehingga mudah terserang penyakit terutama jika sedang musim flu.

10. Insomnia

Orang yang mengalami gangguan tidur atau insomnia bukan hanya mengalami gangguan psikologis, tapi juga karena penurunan metabolisme tubuh yang menjadikan fungsi organ tidak bekerja sempurna akibat malas berolahraga.

Itulah beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi jika Anda malas berolahraga. Untuk menghindari beberapa bahaya diatas, maka kita disarankan untuk lebih bergerak aktif dengan olahraga setidaknya 30-60 menit setiap 2-3 kali dalam setiap minggunya. Olahraga teratur telah terbukti bisa mencegah berbagai penyakit, selain diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *